Mengapa Al-Qur’an Disebut Sebagai Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad SAW?

Al-Qur'an Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad SAW
Al-Qur'an/freepik-AI
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Melansir dari buku Pengantar Studi Ilmu Al-Quran oleh Syaikh Manna Al-Qaththan, turunnya Al-Qur’an merupakan pemberitahuan kepada alam samawi yang dihuni malaikat tentang kemuliaan umat Nabi Muhammad. Umat ini telah dimuliakan oleh Allah dengan risalah barunya agar menjadi umat paling baik di antara manusia.

Peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW dikenal dengan istilah Nuzulul Quran. Nuzulul Qur’an merupakan peringatan turunnya Al-Qur’an pertama kali dari Lauhul Mahfuz pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Secara bahasa, Nuzulul memiliki arti sebagai menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah dan Al-Qur’an yang berarti kitab suci bagi umat Islam. Maka, Nuzulul Qur’an bisa didefinisikan sebagai peristiwa turunnya Al-Qur’an dari tempat yang tinggi ke muka bumi.

Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Al-Quran pertama kali turun untuk Nabi Muhammad yaitu di Gua Hira, pada tanggal 17 Ramadan tahun 610 sehingga tanggal 17 Ramadan diperingati sebagai Nuzulul Qur’an hingga saat ini.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW Lainnya

Merangkum Sirah Nabawiyah karya Syekh Shafiyurrahman Al Mubarakfuri dan Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW susunan Moenawar Khalil, berikut mukjizat Nabi Muhammad SAW lainnya.

  1. Menurunkan Hujan

Ibnu Asakir meriwayatkan dari Julhumah bin Urfuthah yang pada suatu hari datang ke Makkah saat penduduknya mengalami paceklik. Kemudian orang Quraisy mengadu kepada Abu Thalib hingga ia keluar bersama Muhammad SAW lalu disandarkannya punggung kemenakannya itu di dinding Ka’bah.

Muhammad SAW menengadahkan tangannya langit yang semula bersih tanpa awan tidak lama kemudian awan tersebut berdatangan dari segala penjuru dan hujan pun turun dengan deras. Lembah Makkah memancar airnya, ladang dan gurun pun menjadi subur.

  1. Membelah Bulan

Mukjizat Nabi Muhammad SAW lainnya ialah dapat membelah bulan. Terkait hal ini disandarkan pada riwayat Bukhari dari Anas bin Malik berkata,

إن أَهْلَ مَكَّةَ سَأَلُوْا رَسُوْلَ اللهِ ﷺ أَنْ يُرِيَهُمْ آيَةً فَأَرَاهُمُ الْقَمَرَ شِقَيْنِ حَتَّى أو اجراء بَيْنَهُمَا

Artinya: “Sesungguhnya, ahli Makkah pernah meminta kepada Rasulullah SAW supaya memperlihatkan suatu tanda bukti kepada mereka. Kemudian beliau memperlihatkan bulan yang terbelah dua hingga Gunung Hira dapat mereka lihat di antara kedua belahannya.”

  1. Pohon dan Batu Ucapkan Salam dan Hormat pada Nabi SAW

Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib,

“Aku di Makkah bersama Rasulullah SAW, lalu beliau keluar (pergi) ke sebagian tepi-tepinya, maka setiap pohon dan batu yang berhadapan dengan belia pasti mengucapkan, ‘Assalamualaikum, ya Rasulullah.”

Begitu pula Aisyah berkata, “Nabi SAW pernah bersabda, ‘Tatkala Jibril telah menyampaikan risalah kepadaku, tidaklah aku berjalan melalui sebuah batu dan tidak pula sebuah pohon, melainkan ia mengucapkan, ‘Assalamualaikum, ya Rasulullah.”

  1. Unta dan Kambing yang Bersujud kepada Nabi SAW

Abu Hurairah RA berkata, “Pada suatu hari, Nabi SAW masuk ke dalam sebuah kebun, lalu datanglah seekor unta, lalu bersujudlah unta itu kepada beliau.”

Kata Anas bin Malik RA, “Pada suatu hari, Nabi SAW masuk ke dalam sebuah kebun kepunyaan seorang Anshar beserta Abu Bakar, Umar, dan seorang laki-laki dari golongan Anshar. Di kebun itu kebetulan ada seekor kambing, lalu bersujudlah kambing itu kepada beliau. Abu Bakar berkata, “Kami lebih berhak bersujud kepada engkau daripada kambing itu.’ Tetapi, Nabi SAW melarang keras orang bersujud kepada beliau.

Selain yang disebutkan, masih banyak mukjizat lainnya yang dianugerahi kepada sang rasul. Wallahu’alam bishawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar