Hikmah Malam: 5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar dalam Al-Qur’an dan Hadits

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Keutamaan malam lailatul qadar banyak sekali disebut dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Lailatul qadar merupakan malam yang mulia dan hanya ada di bulan Ramadan.

Mengutip pendapat Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar, jika seorang muslim mengerjakan ibadah pada malam lailatul qadar maka nilainya lebih baik dari mengerjakan ibadah selama seribu bulan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Beribadah di malam lailatul qadar dengan ketaatan, salat, tilawah, dzikir, doa dan sebagainya sama dengan beribadah selama seribu bulan di waktu-waktu lain. Dilansir dalam Agar Ramadhan Tidak Sekedar Seremonial yang ditulis oleh Dr. Rianawati,M.Ag dikatakan bahwa seribulan itu sama dengan 83 tahun 4 bulan.

Sedangkan gambaran tentang malam lailatul qadar yang dikutip dalam buku Bunga Rampai Bincang Syariah karya Mohammad Hafid, Lc., M.H dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan sebagai berikut:

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW suatu hari menceritakan empat orang dari Bani Israil yang menyembah Allah selama 80 tahun, yang tidak pernah berbuat maksiat sekejap mata pun, yaitu Ayub, Zakariya, Hizqil bin ‘Ajuz dan Yusya’ bin Nun. Maka para sahabat mengagumi hal itu.

Kemudian datanglah Jibril kepada Nabi SAW dan berkata: “Wahai Muhammad, umatmu kagum dengan ibadah selama 80 tahun, yang tidak pernah berbuat maksiat sekejap mata pun. Kemudian Allah menurunkan yang lebih baik dari ibadahnya orang Israil tersebut. Kemudian Jibril membacakan kepada Nabi: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (Al-Qadr: 1-3) Ini lebih utama dari pada yang dikagumimu dan umatmu.” Kemudian Rasulullah dan sahabat merasa senang dengan hal itu.”

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Berikut ini 5 keutaman malam lailatul qadar yang dikutip dari buku Majelis Bulan Ramadan karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin:

1. Turunnya Al-Qur’an
Pada malam Lailatul Qadar Allah turunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan kebahagiaan untuk manusia.

Surah Al-Qadr ayat 1:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatul Qadar.”

2. Turunnya Malaikat

Allah SWT mengatakan dalam Al-Qur’an pada malam lailatul qadar malaikat-malaikat akan turun ke Bumi sambil membawa kebaikan, rahmat, dan keberkahan.

Surah Al-Qadr ayat 4:

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ٤

Artinya: “Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.”

3. Mendapat Berkah Allah SWT
Menurut buku Tuntunan Lengkap 99 Shalat Sunnah Superkomplet karya Puspa Swara dkk terdapat keutamaan malam lailatul qadar. Salah satunya adalah Allah SWT memberikan berkahnya kepada orang yang beribadah pada malam lailatul qadar serta mengerjakan salat.

Surah Ad-Dukhan ayat 3:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُّبٰرَكَةٍ اِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ ٣

Artinya: “Sesungguhnya Kami (mulai) menurunkannya pada malam yang diberkahi (Lailatul Qadar). Sesungguhnya Kamilah pemberi peringatan.”

4. Diampuni Dosa-Dosanya
Malam lailatul qadar menjadi waktu yang tepat untuk umat muslim berdoa. Hal ini karena akan diampuni dosa-dosa jika kita beribadah dan meminta kepada Allah dengan sungguh-sungguh.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa mengerjakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR al-Bukhari).

5. Dilimpahkan Pahala
Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mengerjakan salat pada malam lailatul qadar sebanyak dua rakaat, dalam setiap rakaatnya setelah membaca Al-Fatihah satu kali, kemudian membaca surah Al-Ikhlas tujuh kali dan setelah salam membaca ‘Astaghfirullâhal ‘adzhîm wa atûbu ilaih’ 70 kali, maka selama dia mengerjakannya. Allah SWT akan mengampuni dirinya dan kedua orangtuanya serta Allah SWT akan mengutus malaikat untuk menanam (untuknya) pepohonan di surga, membangun gedung-gedung dan mengalirkan sungai-sungai di dalamnya, dan dia tidak akan keluar dari dunia, sehingga dia pernah melihat seluruhnya.”

Tanda Malam Lailatul Qadar
Dalil mengenai kedatangan malam lailatul qadar disampaikan dari Ibnu Abbas kepada Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda tentang lailatul qadar: “Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (Imam Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 3693)

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *