Tak Hanya 33.300 Nyawa, Israel Juga Merenggut Kegembiraan Idul Fitri di Jalur Gaza

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Warga Palestina di seluruh Jalur Gaza merayakan akhir bulan suci Ramadan di tengah serangan mematikan militer Israel. Pada Rabu (10/4), penduduk yang kelaparan di daerah kantong yang terkepung melakukan yang terbaik untuk mengikuti tradisi Idul Fitri.

Invasi Israel telah menewaskan lebih dari 33.300 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak. Idul Fitri kali ini pun tidak memberikan banyak ruang kegembiraan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tidak ada kegembiraan atau keinginan untuk merayakan acara suci ini. Bahkan anak-anak pun tidak tertarik pada mainan seperti dulu. Ini adalah musim terburuk yang pernah kami jalani,” kata Ahmed Ismail, penjaga toko di Rafah di Jalur Gaza selatan, kepada Al Jazeera.

Jabr Hassan, seorang pengungsi di Rafah, tempat lebih dari 1,5 juta warga Palestina berlindung mengaku menderita di semua lini.

“Orang-orang sulit bertahan hidup. Mereka sulit memberi makan keluarga mereka. Kami tidak lagi memikirkan Idul Fitri atau perayaan atau bentuk kegembiraan lainnya,” katanya.

Tareq Abu Azzoum dari Al Jazeera mengatakan orang-orang melaksanakan salat Idul Fitri di Rafah bahkan ketika drone militer Israel terbang di atas kepala mereka untuk menjaga rasa tidak aman.

“Tetap saja, warga Palestina di sini hari ini melaksanakan salat Idul Fitri sambil berkumpul dan saling mengucapkan selamat meskipun banyak kehancuran, kesedihan dan kesedihan yang menyelimuti mereka,” lapornya dari kota selatan.

Bahkan di hari suci ini, kata dia, Israel tetap melancarkan serangan mematikan yang menewaskan 14 warga Palestina di kamp pengungsi Nuseirat. Para korbannya termasuk anak-anak dan perempuan.

Banyak warga Palestina yang melaksanakan salat Idul Fitri di dekat reruntuhan tempat mereka salat tahun lalu.

Saleh al-Ames, seorang dokter dari Gaza, mengatakan masjid di lingkungan tempat tinggalnya dihancurkan oleh militer Israel pada Februari dan menyebabkan banyak jamaahnya terbunuh, terluka atau terpaksa mengungsi.

“Namun, kami tetap bertahan, teguh menjalankan ritual kami meskipun kami sangat menderita dan berduka. Seluruh dunia menyaksikan dalam diam tapi kami tidak akan tidak meninggalkan tanah air kami,” ujarnya.

Anas Mohammed, warga Palestina lainnya yang salat di reruntuhan masjidnya, mengatakan telah berdoa kepada Tuhan untuk meminta penderitaan ini diakhiri.

“Juga agar dunia sadar untuk mengakhiri genosida ini. Kami adalah pemilik sah tanah tersebut dan kami tidak bisa meninggalkan tanah air kami,” katanya kepada Al Jazeera.

Serangan militer Israel tidak menyisakan apa pun di Jalur Gaza. Serangan berulang kali itu menghancurkan atau merusak masjid, rumah sakit, sekolah, bangunan tempat tinggal, infrastruktur internet dan jalan raya, meninggalkan sedikitnya 26 juta ton puing dan puing.

Abu Omar, seorang pengungsi Palestina, merayakan Idul Fitri di sebuah sekolah yang banyak digunakan sebagai tempat berlindung dari pengeboman Israel.

“Memang benar hati kami dipenuhi dengan rasa sakit, tapi ini mengingatkan kami akan pengorbanan besar yang dilakukan rakyat kami dalam bentuk darah dan harta benda,” katanya.

Seorang anak Palestina mengatakan dia tidak merasakan kegembiraan tahun ini karena ayahnya tidak bisa membelikannya baju baru untuk Idul Fitri dan dia tidak bisa bermain dengan teman-temannya.

“Saya berharap perang berakhir dan kita kembali ke rumah. Saya berharap kita bisa merayakan Idul Fitri yang akan datang dengan pakaian baru, berkumpul bersama keluarga besar, sahabat, dan orang-orang tercinta,” paparnya.

Al Jazeera berbicara dengan musisi Palestina Musab al-Ghamri. Dia mencoba memberikan kegembiraan kepada anak-anak di Rafah.

“Kami melakukan yang terbaik untuk menawarkan senyuman, nyanyian, dan aktivitas. Idul Fitri adalah hari yang tidak boleh kita lewatkan. Kami ingin memberikan kegembiraan kepada anak-anak ini dalam merayakan Idul Fitri, meskipun ada pemboman, ketakutan dan kehilangan,” jelasnya.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *