BREAKING NEWS: “BOCORAN” Putusan MK soal Pilpres 2024

BOCORAN Putusan MK
Hakim MK
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Denny Indrayana

Hajinews.co.id – โ€œBagaimana prediksi putusan MK terkait Pilpres 2024?โ€ Itulah pertanyaan yang terus saya terima dari banyak orang, ๐‘œ๐‘“๐‘“๐‘™๐‘–๐‘›๐‘’ ataupun ๐‘œ๐‘›๐‘™๐‘–๐‘›๐‘’, di Indonesia ataupun di Australia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berdasarkan Pasal 77 UU MK, ๐‘—๐‘ข๐‘›๐‘๐‘ก๐‘œ Peraturan MK Nomor 4 Tahun 2023, keputusan MK dalam penandatanganan Pilpres 2024 ada tiga jenis, yaitu:

  1. Permohonan tidak dapat diterima (๐‘๐‘–๐‘’๐‘ก ๐‘‚๐‘›๐‘ก๐‘ฃ๐‘Ž๐‘›๐‘˜๐‘’๐‘™๐‘–๐‘—๐‘˜๐‘’ ๐‘‰๐‘’๐‘Ÿ๐‘˜๐‘™๐‘Ž๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘‘);
  2. Permohonan dikabulkan; atau
  3. Permohonan ditolak.

Saya meyakini, Mahkamah tidak akan memutuskan permohonan tidak dapat diterima, karena permohonan Paslon 01 dan 03 jelas memenuhi syarat formil untuk menyampaikan permohonannya.

Sebelum lebih jauh meramalkan Putusan MK, perlu diingat permintaan (petitum) dalam permohonan Paslon 01 dan 03, yang pada intinya adalah:

  • ๐๐ž๐ญ๐ข๐ญ๐ฎ๐ฆ ๐๐š๐ฌ๐ฅ๐จ๐ง ๐ŸŽ๐Ÿ, mendiskualifikasi Paslon 02 (Prabowo Subiantoโ€”Gibran Rakabuming Raka), lalu pemungutan suara ulang (PSU) Pilpres hanya antara Paslon 01 dan 03 saja; ๐‘จ๐‘ป๐‘จ๐‘ผ hanya mendiskualifikasi cawapres Gibran Rakabuming Raka, lalu PSU Pilpres dengan mengikutsertakan Prabowo Subianto dengan cawapres pengganti Gibran.
  • ๐๐ž๐ญ๐ข๐ญ๐ฎ๐ฆ ๐๐š๐ฌ๐ฅ๐จ๐ง ๐ŸŽ๐Ÿ‘, mendiskualifikasi Paslon 02 (Prabowo Subiantoโ€”Gibran Rakabuming Raka), lalu pemungutan suara ulang (PSU) Pilpres hanya antara Paslon 01 dan 03 saja.

Setelah melihat ceramah, bukti-bukti yang dihadirkan, termasuk keterangan saksi, ahli dan para menteri, juga memperhatikan komposisi dan rekam jejak delapan hakim konstitusi yang menyidangkan, saya menduga keputusan Mahkamah adalah diantara opsi EMPAT berikut:

  1. ๐Ž๐๐’๐ˆ ๐’๐€๐“๐”: ๐Œ๐š๐ก๐ค๐š๐ฆ๐š๐ก ๐Š๐จ๐ง๐ฌ๐ญ๐ข๐ญ๐ฎ๐ฌ๐ข ๐Œ๐„๐๐Ž๐‹๐€๐Š ๐’๐ž๐ฅ๐ฎ๐ซ๐ฎ๐ก ๐๐ž๐ซ๐ฆ๐จ๐ก๐จ๐ง๐š๐ง, ๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ ๐‡๐š๐ง๐ฒ๐š ๐Œ๐ž๐ฆ๐›๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ง ๐‚๐š๐ญ๐š๐ญ๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐”๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐›๐š๐ข๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ฅ๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ

Dalam opsi satu ini, Mahkamah akan menguatkan Keputusan KPU yang memenangkan Paslon 02 Prabowoโ€”Gibran, dan hanya memberikan catatan perbaikan penyelenggaraan Pilpres, terutama kepada KPU dan Bawaslu. Mahkamah pada dasarnya menyatakan dalil-dalil permohonan tidak terbukti. ๐Œ๐ž๐ฅ๐ข๐ก๐š๐ญ ๐ฌ๐ข๐ญ๐ฎ๐š๐ฌ๐ข-๐ค๐จ๐ง๐๐ข๐ฌ๐ข ๐ฉ๐จ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐คโ€” ๐ก๐ฎ๐ค๐ฎ๐ฆ ๐๐ข ๐ญ๐š๐ง๐š๐ก ๐š๐ข๐ซ, ๐ฌ๐š๐ฒ๐š ๐›๐ž๐ซ๐ฉ๐š๐ง๐๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐จ๐ฉ๐ฌ๐ข ๐ฌ๐š๐ญ๐ฎ ๐ข๐ง๐ข ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฌ๐š๐ง๐ ๐š๐ญ ๐ฆ๐ฎ๐ง๐ ๐ค๐ข๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐๐ข ๐ค๐ž๐ง๐ฒ๐š๐ญ๐š๐š๐ง.

  1. ๐Ž๐๐’๐ˆ ๐ƒ๐”๐€: ๐Œ๐š๐ก๐ค๐š๐ฆ๐š๐ก ๐Š๐จ๐ง๐ฌ๐ญ๐ข๐ญ๐ฎ๐ฌ๐ข ๐Œ๐„๐๐† ๐€๐๐”๐‹๐Š๐€๐ ๐’๐ž๐ฅ๐ฎ๐ซ๐ฎ๐ก ๐Ž

Dalam opsi dua ini, Mahkamah mengabulkan diskualifikasi Paslon 02 Prabowoโ€”Gibran, dan melakukan PSU hanya di antara Paslon 01 dan 03. Dari semua opsi, melihat situasi-kondisi politikโ€”hukum di tanah air; termasuk rumit dan sulitnya proses pembuktian, ๐ฌ๐š๐ฒ๐š ๐›๐ž๐ซ๐ฉ๐š๐ง๐๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐จ๐ฉ๐ฌ๐ข ๐๐ฎ๐š ๐ข๐ง๐ข ๐ก .

AKU AKU AKU. ๐Ž๐๐’๐ˆ ๐“๐ˆ๐†๐€: ๐Œ๐š๐ก๐ค๐š๐ฆ๐š๐ก ๐Š๐จ๐ง๐ฌ๐ญ๐ข๐ญ๐ฎ๐ฌ๐ข ๐Œ๐„๐๐†๐€๐๐”๐‹๐Š๐€๐ ๐’๐ž๐›๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐ฆ๐จ๐ก๐จ๐ง๐š๐ง, ๐˜๐š๐ข๐ญ๐ฎ ๐Œ๐ž๐ง๐๐ข๐ฌ๐ค๐ฎ๐š๐ฅ๐ข๐Ÿ๐ข๐ค๐š๐ฌ๐ข ๐‚๐š๐ฐ๐š๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ ๐†๐ข๐›๐ซ๐š๐ง ๐‘๐š๐ค๐š๐›๐ฎ๐ฆ๐ข๐ง๐  ๐‘๐š๐ค๐š

Dalam opsi tiga ini, Mahkamah mengabulkan salah satu petitum Paslon 01, yang memberi alternatif hanya Gibran yang didiskualifikasi, dan Prabowo dapat kembali ikut PSU dengan pasangan cawapres yang baru. Meskipun mungkin saja terjadi, opsi tiga ini tetap tidak mudah, dan membutuhkan tidak hanya keyakinan hakim ataupun ๐‘—๐‘ข๐‘‘๐‘–๐‘๐‘–๐‘Ž๐‘™ ๐‘Ž๐‘๐‘ก๐‘–๐‘ฃ๐‘–๐‘ ๐‘š, tetapi juga keberanian, pengakuan, dan introspeksi institusi bahwa masalah moral-konstitusional pencalonan Gibran bersumber dari Putusan 90 Mahkamah sendiri , sebagaimana telah terang- benderang diputuskan oleh MKMK.

  1. ๐Ž๐๐’๐ˆ ๐„๐Œ๐๐€๐“: ๐Œ๐š๐ก๐ค๐š๐ฆ๐š๐ก ๐Š๐จ๐ง๐ฌ๐ญ๐ข๐ญ๐ฎ๐ฌ๐ข ๐Œ๐„๐๐†๐€๐๐”๐‹๐Š๐€๐ ๐’๐ž๐›๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐ฆ๐จ๐ก๐จ๐ง๐š๐ง, ๐˜๐š๐ข๐ญ๐ฎ ๐Œ๐ž๐ฆ๐›๐š๐ญ๐š๐ฅ๐ค๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฆ๐ž๐ง๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐‚๐š๐ฐ๐š๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ ๐†๐ข๐›๐ซ๐š๐ง ๐‘๐š๐ค๐š๐›๐ฎ๐ฆ๐ข๐ง๐  ๐‘๐š๐ค๐š ๐‘๐š๐ค๐š, ๐๐š๐ง ๐Œ๐ž๐ฅ๐š๐ง๐ญ๐ข๐ค ๐‡๐š๐ง๐ฒ๐š ๐‚๐š๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ ๐๐ซ๐š๐›๐จ๐ฐ๐จ ๐’๐ฎ๐›๐ข๐š๐ง๐ญ๐จ, ๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ ๐ฆ๐ž๐ฆ๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ญ๐š๐ก๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ฅ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ง๐š๐ค๐š๐ง๐ง๐ฒ๐š ๐๐š๐ฌ๐š๐ฅ ๐Ÿ– ๐š๐ฒ๐š๐ญ (๐Ÿ) ๐”๐”๐ƒ ๐”๐”๐ƒ

Opsi ke empat ini memerlukan penjelasan lebih panjang, terutama karena tidak ada dalam permohonan Paslon 01 maupun 03, sehingga menjadi ๐‘ข๐‘™๐‘ก๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘ก๐‘Ž. Dasar amar demikian ada dua, ๐’‘๐’†๐’“๐’•๐’‚๐’Ž๐’‚, tuntutan hukum Pilpres bukan melawan perdata, tetapi peradilan konstitusional tata negara, sehingga demi menjaga kehormatan konstitusi, bisa memutuskan di luar permintaan pihak. Hal ini sudah beberapa kali dilakukan oleh Mahkamah.

๐‘ฒ๐’†๐’…๐’–๐’‚, dalam pasal 53 ayat (2) peraturan mk nomor 4 tahun 2024 diatur, โ€œ๐ƒ๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ก๐š๐ฅ ๐๐ข๐ฉ๐š๐ง๐๐š๐ง๐  ๐ฉ๐ž๐ซ๐ฅ๐ฎ, ๐Œ๐š๐ก๐ค๐š๐ฆ๐š๐ก ๐๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐ฆ๐ž๐ง๐š๐ฆ๐›๐š๐ก๐ค๐š๐ง ๐š๐ฆ๐š๐ซ ๐ฌ๐ž๐ฅ๐š๐ข๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ญ๐ž๐ง๐ญ๐ฎ๐ค๐š๐ง ๐ฌ๐ž๐›๐š๐ ๐š๐ข๐ฆ๐š๐ง๐š ๐๐ข๐ฆ๐š๐ค๐ฌ๐ฎ๐ ๐ฉ๐š๐๐š ๐š๐ฒ๐š๐ญ ๐š๐ฒ๐š๐ญ (๐Ÿ).โ€ Norma tersebut, dapat dimaknai, Mahkamah membuka peluang ultra petita, bukan hanya di luar yang dimintakan para pihak, bahkan di luar ketentuan Peraturan MK atau bahkan UU MK.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *