Hikmah Pagi: 12 Sunah Thawaf, Yang Salah Satunya Adalah Mengusap dan Mencium Hajar Aswad

Sunah Thawaf
Mengusap dan Mencium Hajar Aswad
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



7. Mengusap rukun Yamani

Berdasarkan hadis Ibnu Umar, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW mengusap Ka’bah kecuali dua rukun Yamani (rukun Yamani dan Hajar Aswad).” [Muttafaq ‘alaih: Shahiih al-Bukhari (III/473, no. 1609), Shahiih Muslim (II/924, no. 1267), Sunan Abi Dawud (V/326, no. 1757), Sunan an-Nasa-i (V/231)]

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

8. Berdo’a di antara dua rukun (rukun Yamani dan Hajar Aswad) dengan do’a sebagai berikut:

رَبَّنَآ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa Neraka.”[Hasan: [Shahiih Sunan Abi Dawud (no. 1666)], Sunan Abi Dawud (V/344, no. 1875)]

9. Salat dua raka’at di belakang maqam Ibrahim setelah thawaf

Berdasarkan hadis Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Setelah tiba, Rasulullah SAW thawaf mengelilingi Kakbah tujuh kali, kemudian beliau salat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim dan sa’i antara Shafa dan Marwah.” Selanjutnya beliau berkata:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ.

“Sesungguhnya pada diri Rasulullah itu terdapat contoh yang baik bagimu.”[Shahih: [Shahiih Sunan Ibni Majah (no. 2394)], Shahiih al-Bukhari (III/487, no. 1627), Sunan Ibni Majah (II/986, no. 2959)].

10. Sebelum salat di belakang Maqam Ibrahim membaca:

وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّىٰ.

“Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim itu tempat salat.”

Kemudian membaca dalam salat dua raka’at itu surat al-Ikhlash dan surat al-Kaafirun, berdasarkan hadis Jabir bahwasanya Rasulullah SAW ketika beliau sampai di maqam Ibrahim Alaihissallam beliau membaca:

وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيْمَ مُصَلًّىٰ.

“Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim itu tempat salat.”

Lalu beliau shalat dua raka’at, beliau membaca dalam salat dua raka’at itu { قُلْ هُوَ اللّهُ أَحَدٌ} dan {قُلْ يا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ}.

11. Iltizam tempat di antara Hajar Aswad dan pintu Kakbah dengan cara menempelkan dada, wajah dan lengannya pada Kakbah.

Berdasarkan hadis ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, ia berkata, “Aku pernah thawaf bersama ‘Abdullah bin ‘Amr, ketika kami telah selesai dari tujuh putaran tersebut kami salat di belakang Kakbah. Lalu aku bertanya, ‘Apakah engkau tidak memohon perlindungan kepada Allah?’ Ia menjawab, ‘Aku berlindung kepada Allah dari api Neraka.’”

Berkata (perawi), “Setelah itu ia pergi dan mengusap Hajar Aswad. Lalu beliau berdiri di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah, beliau menempelkan dada, tangannya dan pipinya ke dinding Ka’bah, kemudian berkata, ‘Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan hal ini.’”[Telah disebutkan dalam hadits Jabir Radhiyallahu anhu]

12. Minum air zamzam dan mencuci kepala dengannya.

Berdasarkan hadis Jabir bahwasanya Rasulullah SAW mengerjakan hal tersebut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *