Pria Wajib Baca! Ini 7 Cara Mencegah Kanker Prostat

Mencegah Kanker Prostat
Mencegah Kanker Prostat


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMenurut World Cancer Research Fund International, kanker prostat merupakan kanker kedua yang paling umum menyerang pria di seluruh dunia. Kanker ini terjadi pada bagian organ seksual yang menghasilkan sperma pada pria, yaitu prostat.

Kanker prostat merupakan penyebab kematian nomor dua pada pria. Oleh karena itu, penting untuk memahami langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegah kanker prostat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pencegahan kanker prostat sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengonsumsi makanan bergizi, memeriksakan diri, dan menjalani hidup sehat. Untuk lebih jelasnya simak rangkuman pencegahan kanker prostat di bawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber.

Cara Mencegah Kanker Prostat

Gejala kanker prostat sering kali berupa kesulitan buang air kecil, darah dalam urin atau air mani, nyeri tulang, dan disfungsi seksual. Jika Anda memiliki beberapa gejala yang berhubungan dengan kanker prostat, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Memahami langkah-langkah pencegahan kanker prostat penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini. Berikut beberapa pilihan pencegahan kanker prostat yang dapat Anda gunakan.

  1. Mengonsumsi Buah dan Sayur Berwarna Merah

Mengonsumsi buah dan sayur berwarna merah adalah salah satu cara untuk mencegah kanker prostat pada pria. Contoh buah dan sayuran yang direkomendasikan termasuk tomat, semangka, serta buah-buahan dan sayuran merah lainnya.

Kandungan antioksidan yang kuat dalam buah-buahan dan sayuran tersebut, seperti likopen, diyakini dapat membantu melindungi tubuh dari kanker prostat.

  1. Rutin Berolahraga

Seseorang yang konsisten dalam berolahraga dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Kondisi kelebihan berat badan atau obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat yang agresif.

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan pada tingkat yang sehat. Manfaat dari olahraga juga mencakup peningkatan massa otot dan peningkatan metabolisme. Berbagai jenis aktivitas fisik dapat dijadikan pilihan, seperti jalan santai, jogging atau lari, bersepeda, atau berenang.

Selain membantu dalam mencegah kanker prostat, rutin berolahraga juga mendukung kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko terkena berbagai masalah kesehatan lainnya.

  1. Berhenti Merokok

Pria yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Oleh karena itu, bagi yang memiliki kebiasaan merokok, sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut sebagai langkah untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini.

  1. Membatasi Konsumsi Lemak

Disarankan untuk memastikan bahwa pola makan Anda memiliki kandungan lemak yang rendah. Konsumsi lemak dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker prostat, terutama jika Anda memiliki faktor risiko yang tidak dapat dihindari.

Sebaiknya, perbanyaklah konsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak. Selain itu, penting untuk membatasi asupan makanan yang diproses dengan cara dibakar, karena hal ini dapat memicu pembentukan karsinogen dalam makanan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar