Apa Benar Garam Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Garam Menyebabkan Darah Tinggi?
dr Zaidul Akbar


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Benarkah garam menyebabkan hipertensi atau darah tinggi? Dalam artikel tersebut dr Zaidul Akbar menjelaskan kategori garam yang menyehatkan tubuh.

Banyak rumor yang beredar di masyarakat bahwa garam menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Banyak orang mengetahui bahwa tekanan darah tinggi disebabkan oleh makanan asing atau asin. Apakah ini benar?

Pakar kesehatan dan pendakwah dr. Zaidul Akbar menjelaskan, garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

dr. Zaidul Akbar mengatakan, garam kerap dituding sebagai penyebab peningkatan tekanan darah, meski tidak semua garam bisa menjadi penyebabnya, ujarnya.

“Tolong jangan curiga sama garam karena garam termasuk salah satu produk yang dicurigai bahkan dikambinghitamkan sebagai pemicu berbagai penyakit, salah satunya darah tinggi,” katanya.

Lanjut dr Zaidul Akbar, selagi garam yang anda konsumsi adalah garam sehat alias garam yang tidak melalui banyak pengolahan dan tidak dikonsumsi secara berlebihan, maka garam tidak dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

“Padahal, kalau garamnya benar dan tidak berlebihan tidak akan ada masalah,” sambungnya.

dr Zaidul Akbar yang dikenal sebagai pakar obat herbal ini juga mengungkap kategori garam yang benar alias garam yang sehat untuk tubuh dapat ditandai dari warna garam tersebut.

Adapun kategori garam yang benar dan sehat untuk tubuh adalah garam yang tidak banyak melalui proses pengolahan dan teksturnya tidak menggumpal.

Begitu juga dengan warna garam yang sehat adalah garam yang tidak memiliki warna terlalu putih.

“Garam-garam yang sekarang putihnya minta ampun, bahkan tidak menggumpal sama sekali, maka itu garam yang bikin masalah,” imbuhnya.

Jadi dapat disimpulkan, jika anda mengonsumsi makanan asin yang mengandung garam sehat, sebaiknya tidak perlu khawatir.

Khawatirlah anda jika mengonsumsi garam dengan ciri-ciri garam seperti yang disebutkan di atas.

“Tapi kalau garam yang bener dan tidak berlebihan insyallah tidak masalah, jadi jangan curiga dengan garam, hilangkan kecurigaan anda terhadap garam, padahal garam tidak bersalah yang bersalah adalah gula dari gula-gula olahan tadi yang mengakibatkan terjadinya masalah, jadi jangan salahkan garam atas apa yang dikerjakan oleh gula,” tuturnya.

Selain itu, yang menjadi penyebab muculnya tekanan darah tinggi pada tubuh seseorang sering kali bukan disebabkan oleh garam, melainkan disebabkan oleh gula yang dikonsumsi.

“Kalau orang yang darah tinggi itu, bukan cuma ceritanya garam doang, karena implamasi akibat gula yang berlebihan tadi, peradangan oksidasi, itu efeknya juga sampai ke jantung dan pembuluh darah, jadi jangan salahkan dia,” pungkasnya.

Benarkah Garam Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi?

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *