Inilah Fasilitas Yang Disiapkan di Makkah Untuk Jemaah Haji Tahun 2024

Fasilitas Yang Disiapkan di Makkah Untuk Jemaah Haji
Wakil Emir wilayah Makkah. Foto: detik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSelang beberapa hari lagi, tepatnya tanggal 20 Mei, jamaah haji secara bertahap akan memasuki Mekkah. Wakil Emir wilayah Makkah, Pangeran Saud bin Mishaal bin Abdulaziz mengunjungi untuk mengecek persiapan musim haji.

Menurut laporan kantor berita Arab Saudi SPA, perjalanan ini dilakukan atas dasar instruksi pimpinan kerajaan dan instruksi penasehat penjaga dua masjid Suci, gubernur Makkah dan kepala masjid. Komite Haji Pusat, Pangeran Khalid bin Faisal bin Abdulaziz.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pangeran Saud bin Mishaal didampingi otoritas terkait mengunjungi ruang tunggu Arafat. Ada empat pusat pemukiman bagi peziarah di dalam situs suci tersebut.

Total ada dua pusat di Arafah dengan kapasitas 9.300 jamaah haji dan satu pusat lagi di Al-Muaisim dengan kapasitas 6.000 jamaah dan mencakup tiga gedung layanan.

Pusat keempat sekarang memiliki lima gedung perumahan, administrasi dan kesehatan di Muzdalifah dengan kapasitas 28.000 jemaah;

Selain itu, pengecekan juga dilakukan pada pemondokan jemaah haji di Arafah. Pangeran Saud bin Mishaal meninjau persiapan yang telah dilakukan di sana, seperti dikutip dari laman Saudi Gazette pada Jumat (17/5/2024).

Wakil Emir Makkah tersebut kemudian berpindah ke Jabal Al-Rahma. Sudah ada proyek pengembangan dan perbaikan kawasan yang berdekatan dengan gunung itu. Proyek tersebut meliputi halte bus, penerangan gunung dan sekitarnya, tiang penyiraman serta area minum.

Untuk di kawasan Muzdalifah, dilakukan revitalisasi stasiun dengan luas 27.000 meter persegi tersebut. Hal ini ditujukan untuk agar Muzdalifah dapat menampung tambahan jemaah hingga 18.000 orang.

Pangeran Saud bin Mishaal juga diberitahu terkait tahap pertama proyek jalur ramah lingkungan di Tanah Suci yang berkontribusi menambah kesejukkan lingkungan. Proyek ini juga mencakup pengembangan halaman Masjid Masha’r Haram di Madinah dan area peristirahatan di Muzdalifah.

Nantinya, proyek tersebut berguna untuk memfasilitasi pergerakan pejalan kaki lanjut usia dan penyandang disabilitas. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan serta kenyamanan jemaah haji.

Saat berkunjung ke Mina, Wakil Emir wilayah Makkah itu juga meninjau proyek pembangunan Kidana Al-Wadi, lembah seluas 33.000 meter persegi. Proyek itu dirancang sesuai spesifikasi teknis terkini dengan tetap mempertimbangkan identitas arsitektur situs suci. Kawasan itu dapat menampung hingga 37.000 jemaah.

Persiapan Pemkot Makkah untuk Jemaah

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *