Selain Kartu Sehat, Jemaah Haji Juga Akan Dilengkapi QR Code Untuk Mengecek Status Kesehatannya

Jemaah Haji Juga Akan dilengkapi QR Code
Kartu sehat jemaah haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idPemerintah Indonesia menargetkan penurunan angka kematian jemaah haji pada tahun 2024.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Liliek Marhaendro Susilo, Ak MM mengungkapkan, untuk memeriksa kesehatan jamaah haji selain Kartu Kesehatan jemaah Haji (KKJH) yakni sejenis kartu atau tanda pengenal, kini dilengkapi dengan QR Code untuk jamaah haji.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kode QR tertera di bagian belakang tanda pengenal jemaah.

Sebagian besar jemaah haji menderita penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung, sehingga kesehatannya harus diperiksa secara rutin.

“Tahun ini, kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, kami fasilitasi name tag jemaah haji itu di halaman belakang terdapat QR Code,” ungkap Liliek di Jakarta, Rabu (15/5).

Ia memaparkan saat QR Code di-scan, terliat informasi tentang riwayat ringkas kesehatan jemaah haji tersebut, berupa nama, tanggal lahir, usia.

“Kemudian, kalau dia pernah sakit, sakitnya apa. Kalau dia sudah minum obat, obat apa yang diminum rutin. Sudah divaksinasi apa saja, punya alergi apa,” ujar dia.

Penggunaan QR Code ini merupakan bagian dari penyediaan ringkasan riwayat kesehatan jemaah haji atau yang dikenal dengan istilah International Patient Summary (IPS).

IPS ini untuk memenuhi permintaan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Arab Saudi.

Kelengkapan riwayat kesehatan jemaah yang dapat langsung diakses melalui QR Code diharapkan dapat memberikan penanganan cepat dan tepat jika jemaah yang bersangkutan sakit.

“Dengan data itu, kami harapkan kalaupun ada jemaah sakit di rumah sakit Arab Saudi, QR Code di-scan sehingga nanti di sana bisa memberikan terapinya lebih tepat. Jadi, tidak menebak-nebak obat yang dikasih apa. Kalau boleh dibilang itu salah satu inovasi,” lanjut Liliek.

Dengan adanya informasi QR Code riwayat kesehatan, pasien juga dapat lekas selesai perawatannya.

Tempat tidur di klinik atau fasilitas kesehatan bisa bergantian dengan pasien lainnya.

“Alhamdulillah, karena kami sesuai dengan amanah undang-undang, yang mesti kami dampingi jemaah haji reguler khususnya.”

“Maka, terhadap seluruh jemaah haji reguler, data summary kesehatan sudah ada semua dan dapat diakses oleh fasilitas kesehatan yang ada di Arab Saudi, untuk melihat jika ada yang sakit, nanti bisa lebih cepat pertolongannya di sana. Kalau ada summary seperti itu bisa cepat keluar, misalnya bisa lebih cepat seminggu keluar,” terang Liliek.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *