Berapa Lama Batu Ginjal Keluar Dengan Sendirinya? Berikut Penjelasannya…

Berapa Lama Batu Ginjal Keluar
Batu ginjal


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idBatu ginjal bisa hilang dengan sendirinya jika ukurannya kecil dan jumlahnya sedikit. Namun seberapa sering batu ginjal hilang dengan sendirinya?

Batu ginjal adalah endapan keras kecil yang terbentuk di ginjal akibat kelebihan garam dan mineral lain dalam urin. Batu ginjal dapat menimbulkan rasa sakit saat bergerak ke bawah ureter dan menimbulkan penyumbatan yang memberi tekanan pada ginjal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Batu ginjal berukuran kecil (seperti butiran pasir) dapat dikeluarkan dari tubuh melalui perawatan dan pengobatan alami.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berapa lama batu ginjal bisa keluar dengan sendirinya.

Besar kecilnya batu ginjal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemungkinan dikeluarkannya dari tubuh tanpa pengobatan (operasi).

Semakin kecil batu ginjalnya, semakin cepat pula endapannya dikeluarkan dari tubuh tanpa membuat penderitanya merasakan sakit. Menurut Medical News Today, perkiraan waktu yang dibutuhkan batu ginjal untuk keluar dari tubuh adalah sebagai berikut:

Batu ginjal yang lebih kecil dari 4 milimeter (mm) akan keluar dengan sendirinya dalam waktu 31 hari.

Batu ginjal berukuran 4 hingga 6 mm dapat dikeluarkan dari tubuh secara mandiri dalam waktu 45 hari.

Batu ginjal lebih dari 6 mm dapat keluar sendiri dari tubuh dalam 12 bulan. Namun, jika batu memiliki ukuran di atas 6 mm, dokter biasanya menganjurkan tindakan operasi.

Selain ukuran, lokasi batu ginjal juga memengaruhi potensi endapan tersebut keluar sendiri dari tubuh.

Sebagian batu ginjal berada di ginjal, namun ada juga batu ginjal yang terbentuk di ureter.

Menurut studi yang diterbitkan Indian Journal of Urology pada 2014, batu ginjal yang lokasinya dekat dengan kandung kemih lebih mudah keluar dari tubuh dibandingkan yang letaknya dekat ginjal.

Cara agar batu ginjal keluar dari tubuh dengan cepat yaitu dengan minum banyak air putih. Cairan dapat mendorong batu ginjal melalui urine.

Konsumsi buah jeruk juga bagus untuk mengeluarkan batu ginjal dan mencegah pembentukan endapan baru.

Hal ini karena buah jeruk mengandung asam sitrat yang dapat memecah batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, penderita batu ginjal dapat mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Dikutip dari laman RS Pondok Indah, obat batu ginjal yang dipakai biasanya bertujuan untuk merelaksasi ureter agar batu lebih mudah keluar.

Ada pula obat pelarut batu ginjal, antinyeri, dan antimual yang diberikan sesuai indikasi.

Cara mengeluarkan batu ginjal dengan operasi

Sementara itu, penderita dengan batu ginjal ukuran besar yang tidak dapat keluar sendiri dapat ditangani dengan tindakan non-invasif atau tindakan tanpa pembedahan dengan menggunakan teknik Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

ESWL adalah penembakan gelombang kejut menggunakan mesin hingga batu pecah menjadi fragmen yang lebih kecil agar bisa keluar melalui urine.

Prosedur bedah tanpa sayatan atau dengan sayatan kecil dan operasi tanpa sayatan (ureterorenoscopy) juga dapat digunakan untuk memecah dan mengeluarkan batu ginjal.

Konsultasikan ke dokter ntuk memastikan prosedur yang sesuai agar batu ginjal keluar dari tubuh.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *