4 Kebiasaan Pagi Yang Akan Membantu Anda Hidup Sampai Usia 100 Tahun, Apakah Anda Ingin Mencoba?

Kebiasaan Pagi
Olahraga pagi


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idHidup sehat dan panjang umur seringkali dikaitkan dengan beberapa pola hidup sehat, seperti: Misalnya menjaga pola makan, rutin berolahraga, menghindari kebiasaan buruk, dll. Namun nyatanya, kunci umur panjang tidak hanya sebatas itu.

Percaya atau tidak, beberapa kebiasaan sederhana yang kita praktikkan setiap hari juga berkontribusi terhadap kesehatan dan umur panjang. Misalnya kebiasaan kecil yaitu kita bangun di pagi hari.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Banyak orang yang percaya bahwa kebiasaan pagi hari berdampak besar bagi kesehatan. Sebab apa yang kita lakukan di pagi hari mempengaruhi rangkaian aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari. Maka tak heran jika banyak penelitian yang mengaitkan kebiasaan pagi hari dengan umur panjang.

Jadi kebiasaan pagi apa yang bisa membantu Anda tetap sehat dan hidup lebih lama? Berikut ulasannya.

  1. Minum Air Putih

Pakar nutrisi klinis, dr Mrinal Pandit, mengungkapkan memulai hari dengan segelas air putih adalah kebiasaan sederhana yang memberikan dampak luar biasa.

“Menghidrasi tubuh dengan segelas air putih dapat mengaktifkan metabolisme tubuh dan mendukung fungsi pencernaan sepanjang hari,” ujarnya dikutip dari She Finds.

Lebih lanjut, Pandit mengatakan hidrasi yang baik sangat berpengaruh terhadap sirkulasi darah dan kesehatan kulit. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu tubuh berfungsi secara optimal, dan mendorong seseorang untuk memilih keputusan yang lebih sehat sepanjang hari.

  1. Makan Sarapan yang Bernutrisi

Sarapan yang seimbang sangat penting untuk menjaga kestabilan tingkat energi dan mencegah makan berlebihan saat siang, sore, maupun malam hari.

“Sarapan seimbang yang mencakup protein, lemak sehat, dan serat membantu mengatur kadar gula darah, menjaga energi tetap stabil, dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan di waktu berikutnya,” terang Pandit.

Tak hanya itu, Pandit mengatakan sarapan seimbang juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

  1. Meditasi dan Menerapkan ‘Mindfulness’

Pandit mengatakan meditas dan mindfulness (kesadaran penuh) dapat membantu mengurangi stres. Sejumlah penelitian mengaitkan stres sebagai salah satu faktor yang dapat memicu beragam penyakit dan mempercepat proses penuaan.

“Berlatih mindfulness atau meditasi sebagai rutinitas pagi dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kejernihan mental, dan meningkatkan kesejahteraan emosional secara keseluruhan,” tuturnya.

Selain itu, meditasi dan mindfulness juga telah dikaitkan dengan banyak manfaat, seperti mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Keduanya merupakan faktor yang sangat penting untuk memperpanjang umur.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga pagi adalah salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menciptakan suasana hati yang positif sepanjang hari.

“Olahraga pagi, baik itu jalan cepat, yoga, atau peregangan ringan dapat meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan suasana hati dan tingkat energi sepanjang hari,” ucap Pandit.

Pandit menambahkan aktivitas fisik yang konsisten juga dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *