Minum Kopi Memang Baik Untuk Jantung, Namun Bisa Berbahaya Bagi Kelompok Ini

Minum Kopi Memang Baik Untuk Jantung
Minum Kopi


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSebagian orang mungkin menyukai kopi tanpa gula untuk mengawali hari. Selain melancarkan aktivitas, minuman ini juga konon bisa mencegah rasa kantuk.

Selain itu, konsumsi bebas gula juga baik untuk jantung. Benar kah?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSPI Pondok Indah Puri Indah, dr. Johan Vinata, SpJP, Subsp, K,I (K) mengungkapkan kopi baik untuk jantung. Hal ini terjadi setelah dilakukan penelitian terhadap kesehatan jantung peminum kopi dan mereka yang tidak minum kopi.

Namun, efek perlindungan ini mungkin tidak dapat diterapkan pada semua kelompok. Sebab bagi sebagian orang, terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa menimbulkan dampak negatif.

“Protektif ini bukan berarti (kopi) bagus banget buat jantung sih nggak,” beber dr Johan dalam temu media di Jakarta Selatan, Senin (27/5/2024).

“Jadi, begitu dilihat ternyata populasi yang minum kopi kesehatan jantungnya di usia tua itu lebih bagus, cuma tidak terlalu signifikan. Tapi, untuk jangka panjang, minum kopi itu untuk risiko penyakit jantung lebih kecil,” jelas dia.

dr Johan jika dikonsumsi berlebihan, kopi tetap memiliki efek samping bagi tubuh. Misalnya bisa menyebabkan masalah pada lambung.

Jika memiliki masalah pada lambung, dr Johan menyarankan untuk menghindarinya sebab bisa memicu risiko maag atau GERD semakin parah.

Kopi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, terlebih pada orang dengan masalah jantung. Jika memiliki gangguan jantung, terutama pada irama jantung, kopi bisa semakin memperparah kondisinya.

“Jadi, kalau ada gangguan jantung, jantung irama terutama, minum kopi ya makin kacau. Ada jantung koroner, minum kopi detak jantung juga lebih cepat,” ungkap dr Johan.

“Kalau cepat, nanti gampang muncul nyeri dada, gampang timbul serangan jantung. Karena selain meningkatkan tekanan jantung, kopi juga bisa meningkatkan tekanan darah, terlebih kalau dikonsumsi pagi, siang, sore,” pungkasnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar