Berapa Menit Yang Dibutuhkan Untuk Berjalan 5000 Langkah? Berikut Penjelasannya

Berjalan 5000 Langkah
berjalan kaki


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idOlahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari sekian banyak olahraga yang bisa Anda lakukan, jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah.

Dengan berjalan kaki, seseorang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit. Jumlah langkah yang dilakukan juga bisa berbeda-beda tergantung kemampuan individu, misalnya 5000 langkah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jadi berapa menit yang dibutuhkan untuk berjalan 5000 langkah? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Jalan Kaki 5.000 Langkah Berapa Menit?

Berjalan kaki setiap hari dapat memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh. Lalu, kalau berjalan kaki sebanyak 5000 langkah butuh waktu berapa menit?

Pada dasarnya, setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mencapai target 5.000 langkah dalam hitungan menit. Akan tetapi, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan hal itu.

Penelitian yang dipublikasi di British Journal of Sports Medicine mengungkapkan, pola jalan kaki seseorang terbagi menjadi empat kategori sesuai tempo kecepatannya, yakni lambat, sedang, cepat, dan lebih cepat.

Dalam penelitian tersebut, seseorang yang berjalan kaki secara lambat membutuhkan 60-79 langkah/menit. Sementara orang yang berjalan kaki dalam tempo sedang sekitar 80-99 langkah/menit.

Terakhir seseorang yang berjalan cepat bisa mencapai 100-119 langkah/menit. Sedangkan orang yang berjalan dalam tempo lebih cepat bisa lebih dari 120 langkah/menit.

Jika dihitung per kategori, maka berikut rincian waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 5.000 langkah:

  • Jalan lambat butuh waktu sekitar 70-80 menit
  • Jalan dalam tempo sedang butuh waktu 60-65 menit
  • Jalan dalam tempo cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 45-55 menit
  • Jalan dalam tempo lebih atau sangat cepat membutuhkan waktu 40 menit.

Sementara itu, Amber Sayer yang merupakan seorang pelatih pribadi dan pelatih lari bersertifikat mengatakan, dengan berjalan kaki dalam tempo 20 menit/km hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk bisa mencapai 5.000 langkah.

Namun, apabila seseorang berjalan kaki lebih cepat lagi dan ia sudah terbiasa melakukannya sehari-hari, maka orang tersebut bisa mencapai 5.000 langkah hanya dalam waktu 30 menit.

Pada intinya, untuk bisa mencapai 5.000 langkah dalam hitungan menit tidak bisa dipastikan secara mutlak karena tergantung dari kecepatan seseorang saat berjalan kaki. Semakin cepat temponya, maka semakin cepat juga waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai 5.000 langkah.

Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan

Ada sejumlah manfaat yang didapat dengan berjalan kaki setiap hari. Tak harus berjalan kaki hingga belasan kilometer, cukup dengan 5.000 langkah setiap hari sudah bagus untuk kesehatan.

“Berjalan kaki 5.000 langkah setiap hari adalah cara yang luar biasa untuk memulai rutinitas olahraga yang sehat dan dapat membawamu untuk keluar dari gaya hidup yang malas bergerak,” kata Amber Sayer mengutip situs Runner’s World.

Berikut sejumlah manfaat yang didapat dengan berjalan kaki setiap hari:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
  2. Membakar kalori
  3. Memperkuat tulang dan otot
  4. Meningkatkan energi
  5. Meningkatkan mood

Itu dia penjelasan mengenai berjalan kaki 5.000 langkah butuh waktu berapa menit. Jadi, mulai sekarang yuk rutin jalan kaki!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *