Hikmah Malam : Inilah Ukuran Ka’bah Beserta Isinya dan Sejarah Pembangunannya

Ukuran Ka'bah Beserta Isinya
Ka'bah, Pinterest
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sekitar akhir tahun pada 683 M Ka’bah mengalami kerusakan yang parah akibat perang pada masa itu. Sebagian besar dinding Ka’bah roboh dan terbakar.

Seorang tokoh masyarakat sekaligus sahabat nabi bernama Abdullah bin Zubair membuat musyawarah hingga memutuskan untuk merenovasi Ka’bah dengan meratakannya dengan tanah lalu membangun Kembali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Beliau juga mendirikan tiang-tiang di sekeliling Ka’bah dan menutupinya dengan tirai. Kemudian beliau memperluas Ka’bah dengan menambahkan 6 hasta, mengembalikan bagian yang sebelumnya dikurangi oleh Kaum Quraisy.

Beliau juga meningkatkan tinggi Ka’bah menjadi 10 hasta dan menambahkan dua pintu, satu pintu untuk masuk dan satu lagi untuk keluar.

Pembangunan Ka’bah pada Masa Khalifah Umayyah

Pembangunan Ka’bah pada masa Khalifah Umayyah diperintahkan oleh pimpinan Dinasti Umayyah saat itu yaitu Malik bin Marwan.

Pembangunannya dilakukan pasca Abdullah bin Zubair wafat. Adapun renovasi yang dilakukan ditujukan untuk memperpanjang bangunan hingga meliputi Hijir Ismail.

Isi Dalam Ka’bah

Sebernarya, Ka’bah hanya berisi ruangan kosong dengan lantai marmer berwarna putih dan sebagian dindingnya. Di dalamnya terdapat tiga tiang penyangga yang berasal dari pohon jati burma.

Di tengah-tengah ruangan terdapat kotak marmer untuk menyimpan minyak dan wewangian yang digunakan untuk membasuh dan membersihkan bagian dalam Ka’bah.

Adapun tempat bernama multazam yang berada di tengah-tengah antara sisi kiri pintu Ka’bah dan Hajar Aswad yang menurut riwayat hadis merupakan tempat terkabulnya doa.

Secara teknis, umat muslim memang tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam Ka’bah. Namun uniknya, Presiden Jokowi pada 2019 lalu saat menunaikan ibadah umroh diizinkan untuk masuk ke dalam Ka’bah bersama keluarganya.

Itu dia ulasan mengenai Ka’bah beserta fakta-fakta di dalamnya. Semoga kita diberi kesempatan untuk berziarah ke sana ya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar