6 Ide Sarapan Untuk Penderita Ginjal Yang Enak Dan Bergizi

Sarapan Untuk Penderita Ginjal
Roti gandum


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSarapan membantu Anda mempersiapkan hari yang lebih sehat dan lebih baik. Bagi penderita penyakit ginjal, khususnya penyakit ginjal kronis (CKD), pilihan sarapan pagi patut diperhatikan.

Meski banyak makanan sarapan yang baik untuk ginjal, tidak semuanya baik. Secara umum, makanan yang rendah natrium, kalium, dan fosfor baik untuk pasien CKD.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Simak di bawah ini menu sarapan apa saja yang cocok untuk penderita penyakit ginjal kronis.

Sarapan Pagi Sehat untuk Penderita Ginjal

Ahli diet ginjal, Laura Kyte, mengungkapkan bahwa pemilihan makanan juga bergantung pada stadium CKD-nya.

“Tergantung pada stadium CKD. Kamu mungkin disarankan untuk membatasi makanan kaya kalium dan/atau fosfat. Sayangnya hal ini berarti sarapan favorit seperti bayam, pisang, tomat, alpukat, dan kentang sebaiknya tidak dimasukkan dalam menu (sarapan),” jelas Lauren, dikutip dari laman Kidney Care UK.

Dilansir Kidney Care UK, berikut adalah pilihan sarapan pagi yang ramah untuk penderita ginjal:

  1. Buah Rendah Kalium

Memulai hari dengan sarapan buah tetap penting. Bagi penderita ginjal, Lauren merekomendasikan pilihan sarapan buah rendah kalium.

Berikut adalah buah yang bagus untuk penderita sakit ginjal:

  • Semangka
  • Apel
  • Jeruk clementine
  • Pir
  • Blueberry
  1. Pilihan Roti

Jika ingin sarapan menggunakan roti, Laura merekomendasikan roti coklat daripada roti putih.

“Roti gandum sering dibenci oleh penderita CKD karena kandungan mineralnya yang lebih tinggi. Namun kenyataannya, semakin tinggi serat berarti banyak potasium dan fosfat tidak mudah diserap ke dalam tubuh,” jelasnya.

  1. Alternatif Susu dan Olahannya

Mengenai produk susu, ada alternatifnya yaitu susu nabati. Rekomendasinya susu kedelai, susu oat, susu almond, atau susu beras.

“Idealnya merek (susu) organik, karena tidak mengandung bahan tambahan yang mengandung kalium atau fosfat,” kata Laura.

Sedangkan untuk keju, disarankan untuk mengkonsumsi keju keras tidak lebih dari 4-6 ons (hingga 170g) seminggu, dan sedikit lebih banyak untuk keju lunak, seperti keju krim, brie, atau keju dari susu kambing.

Hal ini juga bisa mempengaruhi pilihan sarapan penderita ginjal. Seperti diketahui, Laura mencatat bagaimana produk susu cenderung tinggi potasium dan fosfat.

“Sebagian besar pasien CKD perlu membatasi konsumsi susu, hanya sekitar 285 ml susu sehari, termasuk yoghurt juga,” katanya.

  1. Kopi dan Teh

Sebagian orang memulai paginya dengan meminum kopi, yang mungkin dibatasi sekitar satu cangkir (termasuk yang tanpa kafein).

Selain itu, daripada kopi instan, kopi saring berkualitas baik jadi pilihan sedikit lebih baik.

“Ekstrak sawi putih adalah salah satu alternatif pengganti kopi, walaupun mungkin kurang tepat, dan teh boleh diminum,” ungkap Lauren.

  1. Jus Cranberry

Jus cranberry adalah buah yang bagus untuk ginjal. Pasalnya, buah tersebut memiliki kandungan potasium yang rendah.

  1. Telur

Telur bisa dimakan sebagai sarapan pagi untuk penderita penyakit ginjal. Pasalnya, ia merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Telur bisa dimakan dengan berbagai cara, seperti diorak arik atau omelette, direbus, telur dadar, atau ditambahkan ke sandwich maupun salad.

Menurut National Kidney Foundation, meskipun telur merupakan sumber protein hewani dan fosfor yang baik, namun pada penderita CKD konsumsinya perlu dibatasi. Memilih telur rendah natrium dan kalium mungkin bisa membantu.

Makan telur mentah atau kuningnya yang encer akan berisiko terkena penyakit bawaan makanan. Jadi pastikan untuk makan telur dengan kuning telur matang, terutama jika pernah menjalani transplantasi.

Menu Sarapan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Nutrisi adalah kunci dalam kesehatan secara keseluruhan, termasuk penyakit ginjal. Makanan pokok seperti oatmeal, buah segar, atau telur orak-arik semuanya cocok untuk pola makan ramah ginjal.

Berikut adalah beberapa variasi menu sarapan untuk penderita ginjal:

  • Bubur oat dengan apel rebus.
  • Roti panggang dengan kacang saus bawang putih kental.
  • Muffin gandum utuh blueberry.
  • Omelet dengan daun bawang dan keju kambing (goat’s cheese).
  • Haddock dan kangkung kedgeree
  • Granola soba dengan cranberry dan kacang macadamia.

Laura mengatakan bahwa salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kebiasaan sarapan yang menyehatkan ginjal, yaitu dengan memastikan variasi sarapan sepanjang minggu.

“Menurut pengalaman saya, penderita CKD stadium lanjut sering kali terbangun dengan perasaan mual, dan makan merupakan hal terakhir yang ingin mereka lakukan,” terangnya.

Ia menambahkan kalau dalam hal ini, mungkin berarti mereka harus menunggu sebentar setelah bangun tidur untuk sarapan.

Di sisi lain, pastikan juga penderita CKD untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli diet untuk mendapatkan saran sarapan pagi yang lebih spesifik.

Semoga ide sarapan pagi sehat untuk penderita ginjal tadi bisa menambah informasi, untuk mendukung kesehatan ginjal setiap hari terutama bagi penderita CKD.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *