11 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Sedikit Diketahui untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula
kopi hitam


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKopi menjadi minuman favorit banyak orang. Dari berbagai pilihan yang ada, ada yang lebih memilih kopi hitam tanpa gula. Dan ternyata kopi pahit mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Khasiat kopi pahit adalah aman diminum oleh penderita diabetes karena tidak mengandung gula atau susu. Selain itu, kopi pahit juga disebut dapat menurunkan risiko berbagai penyakit dan memberikan efek positif pada nutrisi. Apakah ini benar? Simak uraiannya di bawah ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Khasiat Kopi Pahit untuk Kesehatan

Dilansir Healthline, kopi pahit alias kopi hitam tanpa gula punya sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Selain aman dikonsumsi pengidap diabetes, kopi pahit dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi menemukan kandungan kopi mampu menaikkan fungsi sel beta di pankreas yang berperan dalam produksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

  1. Melindungi Fungsi Otak

Otak mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia. Dan ini bisa memicu penyakit alzheimer dan demensia pada lansia. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan minum kopi lho.

Penelitian menunjukkan orang yang rutin minum kafein berisiko lebih rendah terkena demensia dan alzheimer. Di sisi lain, kafein juga bisa memperlambat perkembangan penyakit demensia dari waktu ke waktu.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut beberapa studi, minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Akan tetapi, kafein bisa mempengaruhi tekanan darah. Jadi, orang dengan tekanan darah tidak stabil perlu membatasi asupan kopinya.

  1. Bantu Membakar Lemak

Kopi berkhasiat untuk menurunkan berat badan bukan lagi mitos. Studi menyimpulkan konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada pria dan wanita.

Minuman ini juga dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus. Keduanya bermanfaat dalam mengelola berat badan ideal.

  1. Mengurangi Stres

Minum kopi dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini karena kafein di kopi merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan non adrenalin dalam tubuh yang berperan dalam mengurangi stres berlebih.

Menurut beberapa penelitian juga, minum kopi setiap harinya dikaitkan dengan risiko terkena depresi yang lebih rendah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *