7 Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan

Ikan Kembung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSehubungan dengan rencana program makan gratis yang dilakukan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk anak Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trengono menyarankan agar ikan menjadi menu utama.

Ikan yang cocok untuk menu ini adalah ikan kembung. Ikan kembung memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun tak hanya itu, berikut 7 manfaat makan ikan kembung kutipan dari Nutrition Advance, Selasa (4/6/2024).

  1. Kaya asam lemak omega-3

Ikan kembung mengandung sejumlah besar omega-3, jauh lebih banyak dibandingkan kebanyakan ikan lainnya. Dalam satu fillet ikan kembung, terdapat sekitar 2991 mg asam lemak omega-3.

Per 100 gram, ikan kembung menyediakan 2670 mg omega-3. Omega-3 sangat penting bagi kesehatan jantung, otak, dan sistem kekebalan tubuh. Banyak orang dewasa tidak mengonsumsi cukup omega-3, dan ikan kembung merupakan pilihan yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan harian nutrisi ini.

  1. Mengandung vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan saraf dan sistem kekebalan tubuh serta produksi DNA. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kerusakan sistem saraf.

Ikan kembung adalah sumber yang kaya akan vitamin B12, dengan satu fillet ikan kembung yang dimasak menyediakan 279% dari recommended daily intake (RDI) untuk vitamin ini.

  1. Sumber protein berkualitas tinggi

Ikan kembung adalah sumber protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang cukup. Meskipun ikan kembung lebih berlemak dibandingkan ikan seperti kod dan haddock, ia tetap menawarkan protein berkualitas tinggi bersama dengan asam lemak omega-3, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Sumber selenium yang sangat baik

Selenium adalah mineral penting yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh, termasuk antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan sistem kekebalan, berperan dalam produksi DNA, mengatur hormon tiroid dan kesehatan tiroid, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan kadar glutathione, yang dikenal sebagai antioksidan utama tubuh.

Satu fillet kecil ikan kembung menyediakan 71% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk selenium.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Omega-3 dan selenium dalam ikan kembung berkontribusi pada kesehatan jantung. Ikan kembung juga kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, potasium, dan seng yang mendukung kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan peningkatan konsumsi ikan sebanyak 20 gram per hari dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 7%.

Selain itu, mengonsumsi 750 gram ikan berlemak per minggu dapat mengurangi respons glukosa darah terhadap makanan dan meningkatkan kadar omega-3 dalam darah.

  1. Menyediakan 650 RDI untuk vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi kognitif. Selain dari suplementasi, ikan kembung adalah salah satu sumber alami vitamin D. Satu fillet ikan kembung dapat menyediakan lebih dari 650 asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin D.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Fungsi kognitif mengacu pada kemampuan kita untuk melakukan aktivitas mental dan memproses informasi. Konsumsi ikan, termasuk ikan kembung, dapat mendukung kesehatan mental yang baik. Bukti menunjukkan bahwa nutrisi dalam ikan kembung, seperti omega-3 dan vitamin D, dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *