Ada Cerita Tentang Orang-Orang Yang Terbangun Dari Koma, Baru Menyadarinya Setelah 27 Tahun

Orang-Orang Yang Terbangun Dari Koma
ilustrasi: koma


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSeseorang yang koma terkadang bisa terbangun berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun kemudian. Seseorang yang mengalami koma biasanya mengalami masalah pada otak, baik akibat trauma, peradangan, atau infeksi.

Sebelum seseorang dapat terbangun dari tidur panjangnya, otak harus melakukan regenerasi dengan cara menumbuhkan kembali neuron yang rusak atau memperluas jaringan otak lainnya untuk mengambil alih kerja bagian otak yang rusak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun pemulihan fisik jaringan otak saja tidak cukup, karena koma juga memperlambat aktivitas otak. Jadi, dalam situasi ini, jaringan otak tidak berkomunikasi seperti biasanya. Otak mungkin memerlukan lompatan untuk pulih dan membangunkan seseorang.

Inilah kisah orang-orang yang sempat mengalami koma dikutip dari berbagai sumber.

  1. Terbangun dari koma setelah 19 tahun

Seorang pria Polandia terbangun setelah mengalami koma selama 19 tahun. Pekerja kereta api bernama Jan Grzebski tersebut mengalami koma setelah dia tertabrak kereta api pada tahun 1988.

“Sekarang saya melihat orang-orang di jalanan membawa ponsel dan ada begitu banyak barang di toko-toko sehingga membuat kepala saya pusing,” katanya kepada televisi Polandia di tahun 2007 silam.

Dia memuji kelangsungan hidupnya karena istrinya, Gertruda, yang merawatnya. Dokter memberinya waktu hanya dua atau tiga tahun untuk hidup setelah kecelakaan itu. Seorang pasien koma berada dalam kondisi ketidaksadaran mendalam yang membuat mereka tidak sadar akan diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka, dan mereka tidak dapat dibangunkan.

  1. Koma sebulan setelah bermain bola

Seorang remaja di Atlanta, Rueben Nsemoh, mengalami koma selama sebulan saat usianya 16 tahun. Penyebabnya koma?Kepalanya ditendang saat bermain bola bersama temannya.

Saat bangun, Nsemoh melakukan sesuatu yang belum pernah dia lakukan sebelumnya: berbicara bahasa Spanyol seperti penduduk asli.

Orang tuanya mengatakan dia sudah bisa berbicara sedikit bahasa Spanyol, tetapi dia tidak pernah fasih sampai dia mengalami gegar otak. Sindrom aksen asing adalah suatu kondisi yang sangat langka di mana cedera otak mengubah pola bicara seseorang, sehingga memberikan aksen yang berbeda.

Dokter mengatakan pemindaian otak Rueben menunjukkan bahwa dia akan sembuh total.

  1. Koma selama 27 tahun

Seorang wanita dari Uni Emirat Arab (UEA) yang terluka parah dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 1991 mengalami pemulihan yang menakjubkan setelah bangkit dari koma selama 27 tahun. Diberitakan NBC News, Munira Abdulla mengalami kecelakaan saat mengantar putranya, Omar Webair, pulang dari sekolah di negara asal mereka, Uni Emirat Arab, pada tahun 1991. Saat itu, dia berusia 32 tahun dan putranya berusia 4 tahun.

Meskipun Webair lolos dengan beberapa luka memar, ibunya mengalami cedera otak yang serius. Meskipun mendapat perawatan di rumah sakit di UAE, Inggris dan Jerman, diyakini dia tidak akan pernah bangun. Namun secara mengejutkan, Munira terbangun di tahun 2019, 27 tahun pasca kecelakaan.

“Dia mengeluarkan suara-suara aneh dan saya terus memanggil dokter untuk memeriksanya. Mereka mengatakan semuanya normal,” kata sang anak, Webair.

Hanya ada sedikit kasus orang yang sadar kembali setelah koma hingga puluhan tahun. Mayoritas pasien yang koma bertahun-tahun harus menjalani pemulihan dalam waktu lama.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *