Astaghfirullah! Gempar Potret Tenda Jemaah Haji Indonesia Perempuan Lelaki Digabung, Netizen Berang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Potret jamaah haji perempuan dan lelaki yang digabung jadi satu tenda membuat netizen terenyuh. Pasalnya, potret yang dibagikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini memperlihatkan pengelolaan ibadah haji harus segera dievaluasi.

Cak Imin secara langsung mengunjungi Mina, Arab Saudi bersama tim pengawas haji membagikan potret jemaah haji perempuan dan lelaki berada dalam satu tenda. Bahkan beberapa jemaah haji Indonesia terpaksa beristirahat di lorong, demi bisa tidur dengan leluasa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Lapor Pak, istirahat dan tidur banyak yang di lorong saja,” ujar Cak Imin dalam cuitannya dikutip suara.com, Selasa (18/6/2024).

Melihat ini banyak netizen yang mengaku miris, pasalnya tenda peristirahatan jemaah haji yang dicampur lelaki dan perempuan ini memicu rasa ketidaknyamanan. Terlebih jemaah haji perempuan terpaksa harus tidur dengan memakai hijab karena berada dalam satu ruangan.

“Sedih banget lihat fasilitas jamaah haji Indonesia dimana laki-laki dan perempuan ditempatkan di satu tenda yang sama. Bayangkan para ibu-ibu terpaksa beristirahat dengan tetap berhijab dan berpakaian lengkap menutup aurat, tentunya nggak perlu terjadi kalau jamaah laki-laki dan perempuan terpisah tendanya,” komentar @ferizandra.

Mirisnya lagi ada beberapa netizen yang mengingatkan jika banyak jemaah haji berpikir ketidaknyamanan dan kekacauan saat ibadah haji dianggap sebagai cobaan dan ujian dari kesabaran selama beribadah. Kondisi yang membuat pengelolaan ibadah haji Indonesia akan terus carut marut.

“Selama umat masih menganggap kekacauan dan ketidaknyamanan dalam pelaksanaan haji adalah bagian dari ujian yang harus dihadapi dgn penuh kesabaran, selama itu pula carut marut pelaksanaan haji akan selalu ada. Itulah kenapa iman harus diiringi dengan ilmu,” timpal @KangSemproel.

“Bayar mahal, kelasnya dapet spesifikasi pengungsian. Perlu dievalusi bener itu yang ngelola dana haji,” sahut @fantjoek.

Di cuitan susulan, Cak Imin juga mengkritisi kesalahan pengelola ibadah haji yang memfasilitasi jemaah haji Indonesia terus terulang, sehingga ia berharap akan segera ada perubahan dan perubahan pada pelaksanaan ibadah haji yang di tahun berikutnya.

“Semoga ada perbaikan fundamental dan revolusioner dalam pelaksanaan haji mendatang. Karena tiap tahun selalu terulang kesalahan yang sama tanpa perubahan berarti,” ungkap Cak Imin.

 

Makna ibadah haji bagi umat islam

Ibadah haji merupakan rukun islam, yaitu salah satu ibadah wajib yang dijalani pemeluk agama islam. Haji saja lantaran proses ibadah yang harus dilakukan langsung di Mekkah Arab Saudi, maka ulama menetapkan ibadah haji wajib bagi mereka yang mampu secara finansial, fisik, maupun mental.

Berikut ini makna lain ibadah haji yang jarang diketahui umat islam:

1. Ketaatan pada Allah

Ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan bentuk ketaatan penuh kepada perintah Allah. Melaksanakan haji menunjukkan kesediaan seorang Muslim untuk memenuhi salah satu kewajiban utama dalam agama Islam.

2. Penyucian diri

Haji dianggap sebagai perjalanan spiritual di mana seorang muslim dapat menyucikan diri dari dosa-dosa. Banyak yang percaya bahwa mereka kembali dalam keadaan suci setelah menunaikan haji, dengan dosa-dosa yang diampuni.

3. Perenungan diri

Haji memberikan kesempatan untuk merenung dan mendekatkan diri kepada Allah. Ritual-ritual seperti tawaf (mengelilingi Ka’bah) dan wukuf di Arafah memungkinkan jamaah untuk fokus pada ibadah dan doa, memperkuat ikatan spiritual mereka.

4. Setara dalam persaudaraan

Selama ibadah haji, semua jamaah mengenakan pakaian ihram yang sederhana dan sama, tanpa memandang status sosial, kekayaan, atau kebangsaan. Hal ini menekankan persamaan semua manusia di hadapan Allah dan memperkuat rasa persaudaraan dan solidaritas di antara umat Islam.

5. Pengingat hari kiamat

Berkumpulnya jutaan umat Islam dari seluruh dunia di Padang Arafah mengingatkan jamaah akan hari kiamat, saat seluruh umat manusia akan dikumpulkan untuk dihisab. Ini mengingatkan pada pentingnya menjalani hidup yang baik dan taat kepada Allah.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *