Innalillahi! Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia Sebanyak 275 Orang

Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia Sebanyak 275 Orang
Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia Sebanyak 275 Orang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idOperasional ibadah haji 2024 sudah memasuki tahap kepulangan jemaah ke Indonesia. Informasi awal menyebutkan 275 jemaah WNI meninggal dunia.

Jumlah tersebut merupakan data hari operasional ke-45 yang diperoleh Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) hari ini, Rabu (26 Juni) pukul 14.26.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jumlah tersebut turun dibandingkan data tahun 2023 di hari yang sama. Tahun lalu, 499 jemaah meninggal pada hari ke-45.

Widi Dwinanda, anggota Tim Media Center Haji Kementerian Agama (Kemenag), dalam jumpa pers mengatakan, jemaah yang meninggal rata-rata berusia antara 60 hingga 70 tahun. Jemaah akan dibadalhajikan oleh petugas.

“Seluruh jemaah wafat akan dibadalhajikan,” ujarnya dalam konferensi pers yang turut disiarkan lewat YouTube Kemenag RI, Selasa (11/6/2024).

Pengurusan Jemaah Wafat di Tanah Suci

Aturan yang berlaku menetapkan seluruh jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci akan dimakamkan di sana. Widi menyampaikan jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci mendapat penanganan sesuai prosedur.

“Ketika ada jemaah meninggal, maka tenaga kesehatan akan membuat certificate of dead atau COD,” kata Widi dalam konferensi pers haji, Selasa (25/6/2024).

Setelah itu, lanjut Widi, petugas akan berkoordinasi dengan kantor maktab atau kantor sektor atau daker untuk melengkapi persyaratan administrasi lainnya. “Misalnya surat kesediaan dimakamkan,” ucapnya.

Jemaah akan diserahkan ke masyariq untuk proses pemulasaraan usai berkas-berkas lengkap.

Tempat Pemakaman Jemaah yang Wafat di Tanah Suci

Menurut keterangan dalam situs Kemenag RI, jemaah haji yang wafat di Tanah Suci akan dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah dan Pemakaman Ma’la, Makkah.

Pemakaman Baqi juga menjadi tempat para keluarga dan sahabat Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Lokasinya dekat dengan Masjid Nabawi, tepatnya di sebelah timur-tenggara masjid.

Selain Baqi, keluarga Rasulullah SAW juga dimakamkan di Ma’la. Di antaranya Siti Khadijah RA, istri pertama Rasulullah SAW, serta Qasim dan Abdullah, kedua putra beliau. Menurut sebuah riwayat, Aminah ibunda Rasulullah SAW juga dikebumikan di pemakaman ini.

Sumber: detik

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *