Takut Tidak Bisa Salat Arbain di Masjid Nabawi? Jemaah Bisa Haji Melakukan Ini

Tidak Bisa Salat Arbain di Masjid Nabawi?
Salat Arbain di Masjid Nabawi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idJemaah haji Indonesia mengenal istilah “salat Arbain” saat menunaikan ibadah haji. Menurut Tuntunan Manasik Haji dan Umrah yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag), salat Arbain merupakan salat berjamaah yang dilaksanakan sebanyak 40 di Masjid Nabawi, Madinah.

Arbain sendiri dalam bahasa arab artinya angka 40, jika mengacu pada istilah tersebut artinya salat Arbain adalah salat yang dilakukan di Masjid Nabawi sebanyak 40 waktu atau sekitar 8 hari berturut-turut, dan Takbiratul Ihram bersama seorang imam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Terkait ini, konsultan ibadah Daker Madinah KH. Achmad Shampton menjelaskan bahwa jemaah tidak perlu berkecil hati bila tidak memperoleh kesempatan melaksanakan Arbain. “Arbain itu bagian kecil dari sunnah yang dapat dilakukan jemaah haji ketika berada di Kota Madinah,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan referensi Kitab Turats bahwa Arbain dapat digantikan dengan melakukan ibadah salat qodho, jadi kita niatkan mengqodho salat-salat kita terdahulu yang mungkin kita lupa atau kita tinggalkan. Jadi jemaah dapat manfaatkan keistimewaan selama berada di Madinah.

Lebih lanjut Ia menerangkan bahwa ketentuan Arbain seperti dijelaskan dalam kitab Hajjan Mabruroh Wa Saian Maskuroh dari Al Habib Muhammad Bin Abdullah Al Hadad bahwa mengamalkan salat arbain tidak harus di dalam bangunan sama dengan sholat di halaman atau teras masjid.

Arbain dapat dilakukan sendiri atau berjamaah di Hotel, Sebab, pada dasarnya, semua masjid yang berdiri di atas Tanah Haram memiliki keutamaan yang sama dengan Masjidil Haram. Ini menjadi solusi alternatif para jemaah haji lemah, lansia, risti (risiko tinggi) dan sakit daripada memaksakan diri dan mengabaikan faktor kesehatan, tandasnya.

Sumber: sindo

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *