Faisal Basri Peringatkan Ekonomi Indonesia Bakal Babak Belur, Industri Tekstil Merugi Pekerja Marak di PHK

Faisal Basri Peringatkan Ekonomi Indonesia Bakal Babak Belur, Industri Tekstil Merugi Pekerja Marak di PHK (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Ekonom senior Faisal Basri, telah mewanti-wanti adanya potensi PHK yang akan terjadi terutama di Jawa Barat. Analisis tersebut kini terbukti dengan maraknya perusahaan di Industri tekstil yang bangkrut telah menyebabkan ribuan pekerja terpaksa harus di PHK.

Pernyataan tersebut diungkapnya ketika menjadi tamu di channel youtube Novel Baswedan yang saat itu membahas mengenai ekonomi Indonesia yang dianggapnya tidak terurus.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Diunggah pada 17 Juni 2024, dalam podcast itu Faisal Basri dengan gamblang mengatakan kondisi perekonomian Indonesia berpotensi mengalami babak belur.

Ia juga mengungkit bahwa akan terjadi potensi PHK terutama di Jawa Barat, karena belum lama ketika video itu diunggah Faisal Basri mengunjungi salah satu perusahaan garmen di Bandung yang mengalami banyak kemerosotan pendapatan.

Hal itu terjadi karena adanya persaingan tidak sehat akibat dari maraknya barang impor yang berasal dari China dijual bebas di pasaran.

Menurut Faisal Basri barang impor bisa lolos begitu saja disebabkan oleh pemerintah yang tidak mengurus dengan benar perekonomian di Indonesia.

Karena seharusnya barang-barang tersebut dapat dicegah agar tidak beredar dan terjual leluasa dengan harga murah yang merugikan pengusaha lokal.

Bahkan Faisal Basri secara ekplisit mengatakan barangkali para Menteri di Indonesia tengah sibuk mengamankan kursi untuk partainya.

Ia menegaskan negeri ini seolah-olah tidak melindungi warga negaranya dari persaingan yang tidak sehat, membuat produk lokal harus mengalah dan membiarkan produk impor menguasai pasar negeri kita sendiri.

Mirisnya negeri ini, ketika pemerintahnya tak mampu bekerja untuk rakyatnya, membiarkan hal yang tidak seharusnya dibiarkan begitu saja.

Faisal Basri juga memprediksi akan potensi defisit keuangan negara yang membesar akibat dari penerimaan pajak negara yang tidak tercapai.

Sedangkan pengeluaran anggaran negara yang terus-menerus dalam jumlah besar tidak bisa dihambat, pada akhirnya negara tidak bisa menabung, kemudian mengalami defisit.

Dengan maraknya PHK membuat angka pengangguran semakin meningkat dan kemungkinan terjadinya penurunan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Apapun yang akan terjadi nanti, mari kita pedulikan bangsa ini dengan tidak tinggal diam ketika penguasa sewenang-wenang terhadap kekuasaaanya.

 

sumber: bisnisbandung

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *