Hikmah Pagi: Memperbanyak Ibadah Atau Mempermulia Akhlak?

Memperbanyak Ibadah Atau Mempermulia Akhlak?
Memperbanyak Ibadah Atau Mempermulia Akhlak?
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Maklum, walau tetangga sebelah rumah rajin tahajjud, rajin baca alQuran, tapi emosinya sulit dikendalikan.

Sedangkan tetangga yang belum rajin tadi, bicara dan sikapnya santun, menghindari menyakiti orang lain, rajin membantu dengan senang dan tulus. Wajahnya senantiasa bertaut senyum. Dia mengutamakan berbakti, berbuat baik kepada orang tua daripada selainnya. Bakti kepada orang tua di kala mereka masih hidup bahkan sampai di wafatnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sekelumit pemandangan di dunia nyata. Tentang dua orang yang melalui jalan yang belum persis sama. Satu ahli ibadah yang belum berakhlak mulia. Satu lagi akhlaknya sungguh mulia walau ibadahya pas-pas san.

Dan ternyata yang berakhlak sempurna menikmati kehidupan dunia ini dengan tenang, nyaman, awet muda, jarang sakit dan kehidupan ekonomi yang di atas rata-rata, maksudnya kaya.

Lalu siapakah kita-kita ini? Termasuk yang rajin beribadah tapi berakhlak kurang mulia. Atau sudah berakhlak mulia walau ibadahnya hanya cukup bersahaja. Ibarat ibadah banyak tapi belum berakhlak mulia seperti menghias kulit lupa isi. Sedangkan yang akhlaknya mulia walau ibadahnya bersahaja seperti memilih isi walau kulit sepertinya biasa saja.

Memang apa pun ibadah yang dilakukan, bukankah satu tujuan utamanya adalah demi mencapai akhlak mulia?

Jadi, orang yang telah menggapai akhlak mulia sebenarnya dia telah menggapai tujuan beragama. Dia telah memperoleh hasil sempurna dari ibadahnya. Ibadah sederhana saja pada orang itu akhlaknya sudah mulia apalagi ibadahnya lebih sempurna?

Sedangkan tipe yang satunya, ibadahnya yang luar biasa itu saja belum mampu mengoreksi akhlaknya ke peringkat mulia apalagi malas beribadah. Bukankah malah bahaya?

Untuk itu, hayo kita niatkan setiap amal ibadah kita untuk menggapai sempurnanya akhlak mulia. Santun dalam bersikap, mendahulukan bakti kepada orang tua, pantang menyakiti siapa pun dan siap menolong siapa pun dengan pertolongan terbaik dalam suasana senang dan rela. Serta ikhlas karenaNya semata. Pasti dunia ini serasa surga.

Semoga setiap kita mau dan bisa!

Abdurachman

Penulis adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Pemerhati spiritual medis dan penasihat sejumlah masjid di Surabaya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *