Inilah Orang Yang Pertama Kali Keluar Dari Neraka lalu Masuk Surga

Orang Yang Pertama Kali Keluar Dari Neraka lalu Masuk Surga
Surga/freepik-AI
banner 400x400

Hajinews.co.idRasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan bahwa ada sekelompok orang dari Neraka yang datang dari sana dan kemudian masuk surga. Konon kejadian ini terjadi ketika masa hukuman hamba oleh Allah SWT telah selesai dilaksanakan.

Dikatakan bahwa orang-orang ini keluar dari neraka berkat rahmat Allah SWT dan syafaat amalan mereka. Jadi siapa mereka? Dan amal apa yang dikerjakan?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Orang yang Keluar dari Neraka Pertama Kali lalu Masuk Surga

Penghuni neraka yang pertama keluar kemudian masuk surga adalah orang yang pernah mengucapkan La ilaha illa Allah, dikutip dari buku Surga dan Neraka karya Syaikh Umar Sulaiman Al-Asyqar.

Ini sebagaimana sabda Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam hadits panjang tentang gambaran akhirat. Beliau SAW bersabda,

“Seusai Allah SWT mengadili sesama hamba, dan hendak, dengan rahmat-Nya, mengeluarkan penduduk neraka yang dikehendaki-Nya, Dia menyuruh malaikat untuk mengeluarkan dari neraka orang yang tidak menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu pun. Yaitu orang yang Dia kehendaki untuk mendapat rahmat-Nya, yang pernah mengucapkan “La ilaha illa Allah.”

Sabda Rasulullah SAW lebih lanjut, “Para malaikat bisa mengenali mereka di neraka. Mengenali mereka karena adanya bekas sujud. Neraka itu membakar seluruh tubuh manusia kecuali bekas sujud. Allah melarang api neraka menjilati bekas sujud. Mereka pun dikeluarkan dari neraka dalam keadaan hangus. Lantas mereka diguyur dengan air kehidupan, lalu tumbuhlah seperti tumbuhnya benih di antara sampah banjir.” (Shahih, HR Muslim, dalam Kitab Al-Iman, Bab Ar-Ru’yah [1/299 No. 182])

Syaikh Umar Sulaiman Al-Asyqar dalam bukunya menjelaskan, orang beriman yang tidak menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu pun tapi punya banyak dosa sehingga timbangan keburukannya lebih berat dari timbangan pahala, akan masuk neraka dalam tempo yang hanya diketahui-Nya.

Mereka kemudian akan keluar dari sana atas pertolongan pemberi syafaat. Salah satu pemberi syafaatnya adalah amalan “La ilaha illa Allah” yang pernah mereka ucapkan selama di dunia.

Ibnu Katsir dalam kitab An-Nihayah Fitan wa Ahwal Akhir Az-Zaman (Mukhtashar Nihayah al-Bidayah) yang diterjemahkan oleh Anshori Umar Sitanggal dan Imron Hasan, turut menuliskan hadits tersebut di bukunya dalam bab Orang yang Pertama-tama Keluar dari Neraka lalu Masuk Surga.

Orang yang di dalam hatinya ada iman meski seberat satu biji sawi juga disebutkan akan Allah SWT keluarkan dari neraka. Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim dari Anas bin Malik RA, Nabi SAW bersabda,

“Akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan ‘La ilaha illallah’, dan di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat satu helai rambut. Kemudian akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan ‘La ilaha illa Allah’, dan di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat gandum. Kemudian akan keluar dari neraka orang yang mengucapkan ‘La ilaha illa Allah’, dan di dalam hatinya terdapat kebaikan seberat biji sawi.” (Shahih Muslim, Bab Adna Ahli Al-Jannah Manzilatan [1/178])

Demikian golongan orang yang keluar dari neraka pertama kali lalu masuk surga atas rahmat Allah SWT dan syafaat. Wallahu a’lam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *