Sifat-Sifat Istri Solihah Menurut Al-Qur’an

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 Memiliki istri yang solihah adalah harapan setiap lelaki muslim. Kira-kira apa saja sifat istri solihah menurut Al-Qur’an?

Allah swt berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

عَسَى رَبُّهُ إِنْ طَلَّقَكُنَّ أَنْ يُبْدِلَهُ أَزْوَاجًا خَيْرًا مِنْكُنَّ مُسْلِمَاتٍ مُؤْمِنَاتٍ قَانِتَاتٍ تَائِبَاتٍ عَابِدَاتٍ سَائِحَاتٍ ثَيِّبَاتٍ وَأَبْكَارًا

Jika dia (Nabi) menceraikan kamu, boleh jadi Tuhan akan Memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik dari kamu, perempuan-perempuan yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertobat, yang beribadah, yang berpuasa, yang janda, dan yang perawan.” (QS.at-Tahrim:5)

Sifat-Sifat istri solihah menurut Al-Qur’an adalah,

1. Seorang muslim (مُسْلِمَاتٍ)

Sifat pertama dan yang terpenting adalah memilih Islam sebagai agamanya. Karena agama seseorang sangat memperngaruhi kehidupannya dan kehidupan keluarga serta anak-anaknya nanti.

2. Beriman (مُؤْمِنَاتٍ)

Memiliki keimanan dan keyakinan yang dalam dan kuat.

3. Taat (قَانِتَاتٍ)

Memiliki sifat tawadhu’ dan taat kepada suaminya.

4. Bertaubat (تَائِبَاتٍ)

Selalu bertaubat dan kembali kepada Allah. Dan ketika melakukan suatu kesalahan yang melanggar hak suaminya, ia segera meminta maaf.

5. Beribadah (عَابِدَاتٍ)

Dengan rajin beribadah maka seorang istri akan dibersihkan hatinya oleh Allah swt. Hati yang bersih akan memberikan pengaruh yang besar dalam keharmonisan rumah tangga.

6. Berpuasa (سَائِحَاتٍ)

Seorang ahli tafsir menyebutkan bahwa makna berpuasa dalam ayat ini adalah taat kepada Allah dan menjauhi larangannya.

Dan yang menarik dari ayat diatas, masalah gadis ataupun janda bukanlah menjadi pertanda wanita solihah. Karena itu keduanya disebutkan pada akhir ayat tersebut, “yang janda dan yang perawan.

Namun dalam ayat lainnya, Allah meringkas sifat-sifat istri solihah hanya dalam dua sifat. Allah berfirman,

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّهُ

“Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah Menjaga (mereka).” (QS.an-Nisa’:34)

Dua sifat ini telah mencakup sifat-sifat wanita solihah yang lain.

Sifat pertama adalah (قَانِتَاتٌ) yakni beribadah, tawadhu’ dan menunaikan semua hak-hak Allah dan kewajiban yang telah diwajibkan atasnya.

Sifat kedua adalah (حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ) yakni menjaga hukum-hukum Allah dan hak-hak suami. Juga menjaga kehormatan diri dan kehormatan suaminya ketika sang suami ada atau tidak ada bersamanya. Mungkin seorang wanita bisa menjaga dirinya dihadapan suami tapi belum tentu ia mampu menjaga diri ketika suami sedang jauh darinya.

Karena itu dua sifat ini dapat merangkum seluruh sifat-sifat istri solihah yaitu seorang istri yang menjaga hak-hak Allah dan menjaga kehormatan dirinya didepan khalayak ataupun disaat sendiri.

Semoga istri-istri kita tergolong sebagai istri yang solihah dan yang belum memiliki pendamping akan segera dipertemukan istri yang solihah oleh Allah swt.

Sumber: Khazanahalquran.com

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *