Ternyata Sentuhan Ibu Dapat Menurunkan Kecemasan pada Anak

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id,- Sentuhan ibu memiliki manfaat yang sangat baik untuk anak, salah satunya adalah menurunkan tingkat kecemasan atau stres yang dimiliki oleh anak. Hal ini diperjelas dari sebuah penelitian yang mengungkap bahwa kulit adalah salah satu panca indra yang berkembang pertama kali pada manusia. Dengan kulit manusia dapat merasakan sentuhan.

Sebagai indra yang paling sensitif, pengalaman sensori sentuhan yang dirasakan menjadi seorang mengembangkan rasa dalam diri, mengelola emosi ketika menghadapi situasi yang tidak menyenangkan dan berempati. Sentuhan pula yang dapat menyembuhkan masalah fisik dan emosional.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sementara itu pengalaman terhadap situasi bencana alam merupakan satu dari sekian banyak hal yang berada di luar tubuh individu yang pertama kali dirasakan oleh kulit.

Situasi tersebut dapat terekam oleh otak dan dimaknai sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan. Bencana yang dialami seseorang, termasuk anak- anak, berdampak pada kecemasan dan stres dengan intensitas yang cukup kuat.

Selain dengan permainan, massage atau pijatan dan sentuhan adalah salah satu langkah yang dapat diterapkan untuk menurunkan tingkat kecemasan dan juga tekanan psikologis yang dialami oleh anak. Pijatan atau sentuhan pada anak biasa digunakan sebagai bentuk komplementer terapi medis dan psikologis.

Sentuhan cinta ibu ini juga memiliki tujuan yang baik bagi anak, selain meningkatkan kelekatan antara ibu dan anak, sentuhan cinta ibu juga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres yang dialami oleh anak.

Secara umum kegiatan ini melibatkan pasangan ibu dan anak, mencakup aktivitas memijat atau menyentuh yang dilakukan oleh ibu kepada anak. Sentuhan yang dimaksud yaitu gerakan keluar pada seluruh tubuh anak. Untuk melakukan gerakan-gerakan ini, ibu dapat melakukan gerakan tersebut seperti langkah-langah berikut:

  • Pertama, ibu dapat melakukan gerakan menyentuh.
    Ini bisa dimulai dari menyentuh bagian kepala, wajah, leher, pundak, punggung, tangan, paha, betis hingga ujung kaki si anak.
  • Kedua, ibu dapat melakukan sentuhan pada dua sisi tubuh anak
    Pertama, mulai dari sisi depan, kemudian dilanjutkan pada sisi belakang tubuh anak.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *