Hubungan Kasualitas Agama, Ekonomi dan Politik

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Yudi Latif,

Cendekiawan Muslim

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di tengah gemuruh wacana tentang militansi agama dalam kehidupan bangsa, terlintas pertanyaan reflektif, apakah peningkatan gairah keagamaan itu memang senantisa berdampak negatif bagi perkembangan ekonomi-politik?

Baiklah, pagi ini saya membaca buku “The Wealth of Religions: the political economy of believing and belonging”, karya dua akademisi hebat dari Harvard University, Rachel M. McCleany & Robert J. Barro (2019).

Buku ini melihat hubungan kausalitas antara efek agama terhadap ekonomi-politik dan efek ekonomi-politik terhadap agama. Pada arus pertama, konsepsi agama tentang ganjaran, hukuman dan kehidupan akhirat, bisa memberi motivasi yang kuat bagi perilaku pemeluknya. Motivasi berbasis keyakinan itu jadi fondasi bagi pembentukan kepribadian seperti etika kerja, disiplin, kejujuran, kebersahajaan.

Bila kepribadian ini bertaut dengan modal sosial dari pelayanan agama dan tradisi baca kitab suci yang mendorong tingkat literasi dan pendidikan, maka meningkatnya keyakinan keagamaan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi-politik.

Hanya saja keyakinan keagamaan ini perlu didukung oleh kerangka institusional. Tingginya keyakinan keagamaan di dunia muslim tidak didukung oleh transformasi institusional. Ketika dunia barat memasuki revolusi industri beserta kebaharuan institusi-institusi sosial-ekonomi baru, dunia Islam malah terkungkung dalam obsesi stabilitas yang menghindari keterbukaan dan pemikiran kritis. Akibatnya, tak siap merumuskan institusi legal dan regulasi, kredit, asuransi dan kontrak, serta pengembangan struktur korporasi yang dapat menopang industrialisasi.

Di sisi lain, perkembangan ekonomi-politik juga memengaruhi tingkat dan fenomena keagaamaan. Secara umum, semakin kaya suatu negara (diukur oleh tingkat GDP dan urbanisasi), tingkat keagamaannya cenderung menurun; meski ada perkeculian bagi beberapa negara (terutama dunia Muslim), karena konteks khusus dari watak sekularisasi dan religiusitasnya. Yang harus diwaspadai, meningkatnya tingkat pendidikan dalam kemunduran perekonomian, akan melahirkan under-utilized human capital. Orang terdidik, dengan ekspektasi mobilitas vertikal, mendapati peluang usaha dan kerja yang menyempit, bisa berpaling pada kelompok-kelompk militan sebagai sumber keyakinan, identitas diri dan jaminan sosial.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *