Masjid El-Syifa Ciganjur, Pionir Pro Disabilitas

Masjid El Syifa di Ciganjur Jaksel (dok).
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id,- Kalau ada masjid yang ramah dengan penyandang disabilitas di Indonesia mungkin inilah satu-satunya sebgai pionir masjid pro penyandang disabilitas. Yakni masjid El-Syifa di Ciganjur Jakarta Selatan.

Masjid ini bekerjasama dengan So Nice yang memberikan peralatan pendukung bagi Masjid El Syifa serta menggelar Workshop adzan untuk tunarungu bagi penyandang disabilitas pada Mei 2019.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Fasilitas wudhu untuk penyandang disabilitas (dok)

Buat yang tidak bisa jalan, maka tersedia kursi roda. Buat yang tidak bisa mendengar adzana dan suara imam saat shalat maka maka diadakan workshop memaknai adzan dan gerakan shalat.

Di masjid ini tidak hanya peralatan saja yang menajdi bukti ramah terhadap penyandang disabilitas, jamaah dan pengurus DKM juga terdorong untuk ramah kepada mereka.

Sekretaris DKM Masjid El Syifa, Ustadz Hadi Saefullah mengatakan, perwujudan layanan disabilitas di rumah Allah tersebut berawal dari rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Pelayanan khusus terhadap penyandang disabilitas dimulai sekira tahun 2000. Mulanya disediakan tempat wudhu khusus untuk tuna daksa. Karena dirasa belum cukup, pada 2008, fasilitas terus dikembangkan lagi.

Selain tempat wudhu khusus, saat di Masjid El Syifa terdapat Alquran braille untuk penyadang tuna netra, wastafel khusus, serta kursi roda untuk berwudhu maupun untuk salat.

Ia menceritakan, semenjak tersedianya layanan khusus, masjid tersebut semakin ramai dikunjungi jamaah dari luar kota. Penyandang disabilitas datang dari berbagai daerah, seperti dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. (fur/okz/gatra).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *