Paket Makanan Jemaah Haji Ditambah, Tidak Dikenakan Biaya

Menteri Agama Fachrul Razi. (Dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



BATAM, hajinews.id – Pemerintah tahun ini menyiapkan paket makanan tambahan untuk jemaah haji selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

“Kami sepakati siapkan makanan 10 kali sebelum ke Arafah dan setelah dari Arafah,” kata Menteri Agama Fachrul Razi di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (21/1/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada tahun-tahun sebelumnya, ia mengatakan, pemerintah tidak menyediakan makanan untuk jemaah haji sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan ibadah di Arafah, memberikan kebebasan kepada jemaah untuk mendapatkan makanan sendiri.

“Ternyata kita lihat di lapangan kesulitan, enggak gampang cari makan, sekian ratus ribu manusia, sehingga mereka banyak yang terlantar,” ujar Fachrul.

Oleh karena itu, ia mengatakan, tahun ini pemerintah berencana memberikan paket makanan sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah di Arafah untuk memudahkan jemaah.

“Jemaah haji enggak dikenakan tambahan biaya,” kata Fachrul.

Fachrul menjelaskan pula bahwa pemerintah mengupayakan jemaah bisa mendapatkan kemudahan pada masa kepulangan usai menunaikan ibadah haji dengan memanfaatkan layanan jalur cepat yang diterapkan Pemerintah Arab Saudi.

Layanan jalur cepat yang mencakup layanan keimigrasian, verifikasi persyaratan medis, penyortiran bagasi di embarkasi, penerbitan visa, pemeriksaan paspor, hingga pengaturan transportasi.

Fachrul menambahkan, kuota haji Indonesia tahun 2020 tetap 221 ribu. (rah/ant)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *