Hikmah Siang: Ternyata di Dalam Kubur Bisa Ajak Teman

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Ini kabar gembira, ternyata di dalam kubur kita tidak harus sendiri  menghadapi malaikat Munkar  dan Nakir. Kita bisa membawa teman-teman karib, sahabat-sahabat setia dan keluarga terbaik Anda.

Mereka dengan ikhlas menemani dan menghibur kita dalam kubur agar merasa senang, mereka akan membawakan cahaya agar kubur kita terang, menyiapkan halaman penuh bunga agar kubur kita lapang, memakaikan pakaian sutra agar badan Anda nyaman, menghamparkan kasur hangat dan dipan berwangikan kasturi untuk kita tidur dengan nyenyak dan tenang, mereka akan membantu kita   menghadapi segala kemungkinan agar kau menang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka adalah 5 teman yang sangat rupawan, pakaiannya sangatlah indah, baunya sangatlah harum. Mereka bernama si Sholat, si Zakat, si Puasa, si Amal Sholeh dan si Qur’an. Ya, mereka benar-benar akan menjelma menjadi “sosok rupawan nan menawan” yang selalu menemani dan menjagamu dalam kubur.

Merekalah teman, sahabat dan keluarga sejati kita di dalam kubur.

Bagi orang yang beriman dan ta’at, di dalam kubur nanti, si SHOLAT akan berjaga dari adzab dibagian kepala, si ZAKAT akan berjaga dari adzab disisi kanan, si PUASA akan berjaga dari adzab disisi kiri, si AMAL SHOLEH lainnya akan berjaga dari adzab di sisi kedua kaki, dan si AL-QURAN akan memeluk berjaga dari adzab pada seluruh tubuh.

Apakah semua teman-teman ini terpikir oleh kita saat ini?

Atau selama ini Anda sudah berteman tetapi hanya sekedarnya saja, bahkan mungkin lebih sering diabaikan. Tidakkah Anda berfikir lagi, siapa teman-teman sejatimu yang sesungguhnya.

Ataukah masih saja kamu sibuk dengan teman-teman duniawi yang tidak akan perduli saat kita menghadapi sakaratul maut, teman-teman yang langsung kembali pada kehebohan dan kesenangan duniawi sesaat setelah acara penguburan kita.

Rasulullah bersabda,

فَيُؤْتَى مِنْ عِنْدَ رَأْسِهِ ، فَتَقُولُ الصَّلاةُ : مَا قِبَلِي مَدْخَلٌ

Kemudian didatangkan malaikat dari arah kepalanya untuk menyiksa, maka sholat berkata “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)”

فَيُؤْتَى مِنْ عَنْدَ يَمِينِهِ ، فَتَقُولُ الزَّكَاةُ : مَا قِبَلِي مَدْخَلٌ

Kemudian didatangkan malaikat dari arah kanannya untuk menyiksa maka zakat berkata “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)”

فَيُؤْتَى عَنْ يَسَارِهِ ، فَيَقُولُ الصِّيَامُ : مَا قِبَلِي مَدْخَلٌ

Kemudian didatangkan malaikat dari arah kirinya untuk menyiksa maka puasa berkata “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)”

فَيُؤْتَى مِنْ عِنْدِ رِجْلَيْهِ ، فَيَقُولُ : فِعْلُ الْخَيْرَاتِ مِنَ الصَّدَقَةِ وَالصِّلَةِ وَالْمَعْرُوفِ وَالإِحْسَانِ إِلَى النَّاسِ : مَا قِبَلِي مَدْخَلٌ

Kemudian didatangkan malaikat dari arah kakinya untuk menyiksa, maka amal sholeh, segala sunnah, dan segala perbuatan ma’ruf, berkata, “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)”

(HR. Imam Ahmad dalam kitabnya Al-Musnad dari riwayat Al-Bara’ ibn ‘Azib & Himpunan Fadhilah Amal:609)

Dalam hadist lain dikatakan juga bahwa Al-Qur’an akan menjelma menjadi “seseorang” pria tampan yang selalu menjaga kita, memeluk kita, melindungi kita. Ia akan datang saat tubuh kita mulai dikafankan hinggalah ke alam barzah dan hari kebangkitan. Al-Qur’an akan memperkenalkan dirinya pada si mayit sehingga ia merasa tenang dan tidak ketakutan di alam kubur. Sosok Al-Qur’an tak mau melepaskan diri dan tak mau dipisahkan dengan kita hingga Allah memasukkan kita ke dalam syurga.
(Bazzar meriwayatkan dalam kitab La’aali Masnunah)

Dari Sa’id bin Sulaim ra, Rasulullah bersabda,

“Tiada penolong yang lebih utama derajatnya di sisi Allah pada hari Kiamat selain daripada Al-Qur’an. Bukan nabi, bukan malaikat dan bukan pula yang lainnya.” (Abdul Malik bin Habib-Syarah Ihya)

Ya Allah, ampunilah dosaku, dosa ibu bapa ku, keluarga ku,saudaraku dan jangan Engkau cabut nyawa kami saat tubuh kami tak pantas berada di SurgaMu. Aamiin… (sumber: gwa).
.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *