Yang Istimewa dari Masjid Agung Syeikh Zayed Abu Dhabi

Masjid Agung Syeikh Zayed di Abu Dhabi (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Uni Emirat Arab (UEA) adalah negara berpenduduk mayoritas muslim, negara kaya minyak dan infrastrukturnya hebat. termasuk masjidnya yang megah dan indah. Salah satu masjid yang menjadi ikon Abu Dhabi, Ibu Kota UEA, adalah masjid agung Syeikh Zayed. Masjid ini didirikan untuk merayakan pencapaian pemimpin pertama UEA, yaitu Syekh Zayed Bin Sultan Al Nahyan.

Dilansir dari Muslim Heritage pada Senin (13/1/2020), masjid ini terbilang sebagai salah satu mega projek UEA. Dalam proses pembangunannya, masjid ini memakan waktu selama 12 tahun dan menelan dana sekitar Rp8 ribu triliun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal luar biasa lainnya adalah masjid ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai masjid dengan karpet terbesar di dunia, lampu gantung terbesar di dunia, serta kubah terbesar di dunia.

Interior masjid Syeikh Zayed di Abu Dhabi (dok).

Lebih detil, masjid ini seluas 22.412 meter persegi atau sekitar 5 lapangan bola profesional. Maka tidak heran jika sejak dibuka pertama kali pada Desember 2007, Masjid Agung Syeikh Zayed sanggup menampung 4.000 jamaah.

Di area utama, area imam dihiasi sembilan puluh sembilan nama Allah (Asmaul Husna) dalam aksara kufik yang ditempatkan di dinding. Karya kaligrafi pun disajikan di area utama masjid.

Seperti dijelaskan sebelumnya, masjid ini memiliki lampu gantung terbesar di dunia dan Anda mesti tahu bahwa lampu tersebut berhias ribuan kristal swarovski Jerman yang disusun dalam rangka baja berlapis emas 24 karat. Untuk kubahnya sendiri, ayat-ayat Alquran tertulis di sana dengan indah.

Di sekitar masjid ini juga dibangun beberapa kolam ikan dan danau refleksi yang akan memanjakan mata. Berada di masjid ini akan membawa Anda ke suatu tempat dengan keindahan yang tak terlukiskan.

Direktur Promosi dari Otoritas Pariwisata Abu Dhabi, Ali Al Hosani, menjelaskan bahwa Masjid Agung Sheikh Zayed akan menjadi salah satu landmark, tidak hanya bagi Kota Abu Dhabi tetapi seluruh UEA. (fur/dari berbagai sumber).

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *