Aspirasi atas Nasib Muslim India Disampaikan Lewat Diplomasi

Massa saat unjuk rasa di depan Kedubes India di Jakarta, Jumat (6/3/2020). (Foto Detik)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan mengapresiasi kepedulian dan perhatian umat Muslim Indonesia atas terjadinya kekejaman yang menimpa saudara Muslim di India yang mengakibatkan hilangnya puluhan nyawa orang-orang tak bersalah dan banyak masjid hancur atau rusak berat.

Fachrul mengatakan aspirasi yang disuarakan Muslim Indonesia terus dikomunikasikan pemerintah melalui jalur diplomasi. “Komunikasi dengan pihak kedutaan India di Indonesia maupun dengan pemerintah di India terus dilakukan oleh Pemerintah melalui Menlu RI untuk mencari solusi terbaik atas kehidupan beragama di sana, tanpa mencampuri urusan dalam negeri India,” kata Fachrul di Jakarta, Ahad (8/3/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Fachrul minta agar umat Islam Indonesia tidak terprovokasi melakukan tindakan anarki dalam beragam bentuknya, termasuk sweeping. “Ingat, anarkisme bukanlah nilai-nilai Indonesia dan juga bukan nilai-nilai Islam. Demikian juga aksi sepihak dalam bentuk sweeping. Mari kedepankan jalur hukum dan komunikasi diplomatik agar ini bisa diselesaikan dengan baik,” papar Fachrul.

Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat mempercayakan sepenuhnya keselamatan warga negara India kepada otoritas Indonesia terkait ancaman sweeping terhadap mereka. “Perlindungan kepada warga negara India diserahkan sepenuhnya kepada otoritas terkait,” ujar Pradeep di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Pradeep menyatakan pemerintah dan otoritas Indonesia pasti akan bertindak jika ada aturan yang dilanggar. “Kami percaya sepenuhnya terhadap pemerintah dan otoritas Indonesia,” kata dia. (rah/ berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *