Bank Dunia ke Jokowi: Gratiskan Tarif Listrik dan Beri BLT

Foto ilustrasi kantor Bank Dunia. (Ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Ekonom Bank Dunia (World Bank) Vivi Alatas mengharapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantu masyarakat kalangan bawah yang paling rentan terkena dampak virus corona atau Covid-19, khususnya dari aspek ekonomi.

Vivi menyebutkan ada beberapa hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk membantu beban ekonomi masyarakat utamanya mereka yang bekerja sebagi penjual keliling, toko klontong hingga satpam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut dia, ada beberapa pilihan, namun harus melihat mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan segera dan ketersediaan dana pemerintah. Misalnya, bantuan langsung tunai (BLT). “Indonesia sudah punya pengalaman melakukan ini dan bisa dilakukan dengan cepat,” tulis Vivi diakun Twitternya, Senin (23/3/2020).

Pemerintah, lanjut Vivi, juga bisa menggratiskan tarif listrik untuk 450 VA dan 900 VA dalam beberapa bulan. Kemudian, mendorong orang-orang yang belum ikut BPJS Kesehatan untuk ikut menjadi peserta dengan memberikan insentif potongan beberapa bulan seharga premi kelas 3.

Hal tersebut nantinya bisa menaikkan jumlah kepesertaan dan iuran yang terkumpul dari BPJS setelah wabah corona berakhir.

Pilihan berikutnya yaitu menyiapkan Bantuan Pangan Non Tunai ditambah jumlah beras yang didapat. Di sini, pemerintah juga bisa menyiapkan sabun dan jika memungkinkan pemberian masker untuk kondisi darurat.

Selain itu, Vivi menambahkan yakni mengenai pendapatan tidak kena pajak dinaikkan. Selanjutnya yang terakhir yaitu pajak UMKM ditiadakan untuk beberapa bulan ke depan. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *