Logika Lockdown ala Anies Baswedan, Menguji Leadership Seorang Pemimpin

Foto: Facebook Anies Baswedan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Ramli Kamidin

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kewaspadaan seorang Gubernur Anies Baswedan di Wilayah amat Penting dan Strategis Ibu Kota Jakarta ini mengagumkan dan sama sekali jauh dari pencitraan itulah sesungguhnya patokan Leadership yang dimiliki..

Yang dibuktikan dengan membuat kebijakan yang cukup menantang dan tidak populer.

Sepak terjang Gubernur Anies selama 3 minggu terakhir membuat kita terperangah, baik sebagai aktivis maupun rakyat kebanyakan.

Untuk Jakarta,… kehadiran Sosok Manusia berkarakter,  sangat tepat untuk memimpin rakyat beragam dengan strata sosial ekstrim bagaikan puncak piramida berkepala lancip…dengan dasarnya yang terbilang gemuk…itulah Jakarta sebagai miniatur Indonesia.

Sungguh kiprah dan kebijakan Gubernur Anies kalau mau jujur semua Rakyat Indonesia menyambutnya terutama warga Jakarta,… diam itu tanda menyetujui,…kecuali Buzzer dan para Pembenci yang dari awal bersebrangan.

Para intelektual di buat bernyanyi sendiri melihat kata demi kata, kalimat demi kalimat yang jernih dibarengi dengan sikap menguasai persoalan, Anies bukanlah pemimpin yang kebetulan tapi ditempa dalam kurun waktu yang panjang sewaktu menjadi Aktivis Kampus.

Negara sepertinya dalam tekanan. Orang-Orang yang berkuasa (rezim) seakan ingin terus langgeng sehingga terperangkap gagap dan emosi melawan kejujuran yang diperlihatkan dari seorang Gubernur Anies, pemimpin yang otentik tanpa pura-pura dan betul-betul menunjukan prilaku pamong sesuai amanah yang disandang.

Walaupun belum ada perintah Lockdown dari pemerintah pusat, dia patuh tetapi jurus kebijakan penanggulangan pembatasan penyebaran Covid-19 telah diambil dan dirancang dengan cerdas untuk antisipasi penanggulangan terbaik,  melindungi rakyat Jakarta serta wilayah sekitar…nyawa rakyat adalah utama.

Mendelegasikan tanggung jawab, membuat instruksi, kemudian menarik instruksi, meminta rakyat bersatu melawan berperang terhadap musibah tanpa kesiapan yang memadai… korban berjatuhan, tapi tetap saja yakin…. “kita tak perlu ikut-ikutan dengan negara lain kita punya cara tersendiri,” kita tidak perlu lockdown…mengacaukan cara berpikir.

Negara ini dikelola secara Amatiran rakyat kebanyakan tak paham, yang ada masih dengan pencitraan, bisa lihat fenomena terbaru ada pemimpin dengan menggunakan pakaian seadanya saat melayat dan dianggap itu penampilan sederhana karena sedang berduka….tetapi bangga dengan proyek -proyek mercusuar, Kereta Cepat,  Perpindahan Ibukota digenjot terus, masyarakat sinis, itu berarti apakah uangnya ada, ?.(rakyat jadi curiga), sementara menyangkut soal mengatasi penyebaran wabah corona imbauan untuk donasi,… logika terbalik-balik.

Munculnya Gubernur Anies menggunakan, semua perangkat dan kemampuan daerah, sarana hotel, transportasi antarjemput, insentif dll, untuk konsentrasi melayani angkatan perang Wabah Corona…pasukan garda perang difasilitasi dengan semua kenyamanan dan kesiapan fisik yang prima untuk melayani pasien korban Virus Covid’ 19 itulah tuntutan masyarakat dan elemen peduli.

Baru kali ini rakyat dicitrakan adalah bagian yang sangat berharga bagi Negara Indonesia, merekalah pemilik Republik ini sesungguhnya…dan Gubernur Anies adalah Sosok yang menjawab dengan aksi memimpin pelayanan tersebut.

Kongkretnya nggak usah bangga-banggakan pemimpin lain di dunia yang lebih bijaksana, hebat dan otentik…ternyata kita juga punya Anies Baswedan… Pemimpin yang punya Visi besar, Bijak, Cerdas dan Santun.

Kita tidak butuh sistim pemerintahan model apapun,… mau demokrasi, sosialis, kapitalis apalagi komunis…dll.

Yang kita butuh adalah sistem pemerintahan yang bertanggung jawab melindungi rakyatnya, berkeadilan dan mampu mensejahterakan rakyat…yang pemimpinnya seperti Anies Baswedan.

Anies Baswedan telah mengangkat citra Bangsa Indonesia yang terpuruk,….bangkit sebagai bangsa punya martabat dan Anies tanpa sadar telah membuat sebagian tokoh dan pemimpin di belahan dunia termasuk media arus utama dunia turut mengapresiasi kebijakannya.

Rakyat Indonesia dan khususnya rakyat Ibukota Jakarta sedang nyaman apa bila setiap hari Anies Baswedan muncul dilayar kaca TV maupun panggung-panggung berkomunikasi tentang musibah Virus Corona…mereka mengganggap di bawah kepemimpinan dan teladan serta ikhtiar seorang Anies Baswedan InshaAllah musibah ini kita bersama-sama bisa melampauinya dengan baik.

 

Wallahu Aalam Bisshawab.

 

Cut Meutia, JKT  28 Maret 2020

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *