Pertama dalam Sejarah, Wisudawan Undip Digantikan Robot

wisudawan robot
Wisudawan diganti robot
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID,- Inilah untuk pertama kalinya Universitas Diponegoro menggelar Wisuda tanpa wisudawan!. Ini terjadi sebagai ikhtiar menjalankan protokol kesehatan berupa physical distancing, mengingat wabah Corona masih menjangkliti masyarakat.

Sang Rektor, Prof. Yos Johan Utama beserta para guru besar berjejer, sementara sang wisudawan hanya bisa menyaksikan dari rumah, wujudnya diwakili seorang robot. Satu-satu dipanggil. Robot jalan, dan mendekat rektor, lalu rektor memberikan ijazah, bersalaman dan kembali ke tempatnya. Demikian seterusnya, ribuan  wisudawan digantikan perannya oleh robot.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Merdeka Jawa Tengah dalam kanal Youtube 1 Agustus 2020 memberitakan, pelaksanaan wisuda Universitas Diponegoro ( Undip) Semarang digelar di Gedung Gedung Prof. Soedarto, Kampus Tembalang, Semarang. Sebanyak 2.561 orang wisudawan melakukan wisuda secara daring.

Robot tersebut dirancang layaknya seorang wisudawan lengkap dengan jubah wisuda dan memakai toga. Bahkan, ada juga robot yang memakai kain jarik bermotif batik dan mengenakan jilbab. Robot berdiri di atas kotak dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari batere kering atau aki. Robot bisa berjalan maju mundur dan berputar menggunakan remote control yang dikendalikan dari jarak hingga 15 meter. Penyerahan ijazah dan pemindahan tali toga serta ucapan selamat dilakukan oleh Rektor Undip Yos Johan Utama.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *