Muhammadiyah Minta Tokohnya Digelari Pahlawan Nasional

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. (Ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyatakan Muhammadiyah memiliki andil yang cukup besar dalam mendirikan Negara Republik Indonesia. Banyak tokoh nasional dari Muhammadiyah yang ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan.

Namun Muti menyayangkan banyak tokoh Muhammadiyah yang belum tercatat dan mendapat gelar pahlawan nasional, salah satunya adalah Kasman Singodimedjo. “Pak Kasman ini bapak Kejaksaan Agung yang pertama. Tapi tidak diakui sebagai pahlawan nasional, bahkan gelar pahlawannya jadi soal,” kata Mu’ti di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mu’ti saat menilai hal ini merupakan bagian dari dosa sejarah. Oleh karena itu dengan spirit yang dimiliki, Muhammadiyah terpacu untuk memperjuangkan gelar kepahlawanan tersebut kepada tokohnya yang berjasa besar bagi bangsa Indonesia.

“Rupanya Indonesia ini ada pahlawan yang bersertifikat, ada yang tidak. Kita dituntut untuk tidak pasif menjadi partisipan,” tegas Mu’ti saat membuka pengajian umum Muhammadiyah bertema “Muhammadiyah, Pancasila, dan Kemerdekaan Indonesia”.

Sebelumnya, para  ulama dan kiai yang tergabung Persatuan Umat Islam (PUI) mendesak pemerintah kabupaten turut membantu memperjuangkan KH. Ahmad Sanusi mendapat gelar pahlawan nasional. Desakan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI itu diungkapkan sejumlah tokoh PUI saat berlangsung pertemuan dengan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di Kota Sukabumi pada 6 Agustus 2020.

Mereka mengaku tidak hanya kecewa dengan sikap pemerintah pusat yang masih belum menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada sosok KH. Ahmad Sanusi, namun juga mempertanyakan  kekurangan yang menyebabkan  masih belum dikabulkan harapan masyarakat agar kiai kharismatik asal Sukabumi itu dianugerahkan gelar pahlawan. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar