Jusuf Kalla: Pemimpin itu Harus Bisa Kuasai Masalah

jusuf kalla soal kepemimpinan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id,- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan tips tentang kepemimpinan. Intinya, pemimpin itu harus menguasai masalah, tidak ragu, tegas, memberi inspirasi dan berani melakukana eksekusi.

Wejangan JK itu disampaikan kepada para perwira Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLVII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Markas Sesko TNI Bandung, Jawa Barat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Pemimpin harus bisa memberikan inspirasi kepada anak buahnya, dalam hal ini bagaimana menyelesaikan misi. Kemudian memberi motivasi,” kata JK disampaikan dalam siaran pers, Selasa (1/9).

JK mengamini, ada perbedaan antara metode kepemimpinan militer dan sipil. Tapi secara prinsip kuncinya ada dalam motivasi.

JK memberi contoh, saat kekalahan Amerika di beberapa tempat seperti Irak dan Afganistan itu disebabkan pasukan tidak termotivasi dalam bertempur. Karenanya, pemimpin harus melakukan eksekusi atau pengambilan keputusan penting.

“Tugas terpenting dari seorang pemimpin adalah bagaimana mengambil sebuah keputusan,” tegas JK.

Menurut JK, seorang pemimpin apalagi pemimpin militer tidak boleh ragu dalam mengambil keputusan. Sebab, kemampuan seorang pemimpin dapat dinilai dari bagaimana ia mengambil sebuah keputusan yang tepat, cepat dan tidak ragu-ragu.

“Agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan maka seorang pemimpin harus selalu bisa menguasai persoalan dengan baik,” saran dia.

JK meyakini, kemampuan kepemimpinan dapat dinilai dari bagaimana dia memberikan keputusan yang berani tidak boleh ragu dan tepat dengan menguasai persoalan.

“Ada 3 perbedaan mencolok dari model kepemimpinan dari 3 bidang yang berbeda. Bidang bisnis yang paling diutamakan adalah hasil, sementara prosesnya bisa menyesuaikan. Bidang pemerintahan yang terpenting prosedurnya benar, bukan hasilnya. Sementara bidang sosial yang paling penting adalah bagaimana menyelamatkan nyawa manusia,” kata JK. (fur/dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar