Dikejar Anak Muda Islam, Aksi Tolak HRS di Makassar Kocar-kacir.

Massa tolak kedatangan HRS di Makassar berakhir ricuh. Foto: Dok Istimewa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Makassar, Hajinews.id – Puluhan orang menggelar aksi menolak kedatangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Makassar berakhir ricuh. Sekelompok Anak-anak Muda Islam menyerang peserta aksi. Aksi massa langsung bubar kocar-kacir menyelamatkan diri.

Aksi massa menolak Habib Rizieq Shihab mengatasnamakan dirinya sebagai kelompok Masyarakat Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Massa menggelar aksi di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, pada Selasa (1/12/2020). Namun tiba-tiba, sekitar pukul 15.30 Wita, ada kelompok anak-anak muda islam membubarkan peserta aksi sambil melemparkan batu.

Kelompok Masyarakat Sulawesi Selatan menempelkan spanduk di truk menolak kedatangan HRS.

Humas Polsek Ujung Pandang Bripka Suwandhi mengatakan, massa aksi sempat menahan sebuah truk untuk menyampaikan orasi. Massa menempelkan spanduk bergambar penolakan Habib Rizieq dan tulisan ‘Tolak kedatangan Habib Rizieq di Sulawesi Selatan’.

“Yang membubarkan ini arahnya dari (Jalan) Lompobattang. Awalnya diteriaki dulu baru dilempari,” tutur Suwandhi.

Pihak kepolisian sampai saat ini masih melakukan penyelidikan dari mana kelompok massa berasal yang menyerang massa aksi.

“Itu (yang membubarkan) belum pi bisa kita bisa sampaikan dari kelompok mana. Masih diselidiki sama anggota,” ucap Suwandhi.

Salah satu saksi, yang enggan menyebutkan namanya menceritakan, tiba-tiba datang datang sekelompok anak-anak muda Islam dari arah utara, Jalan Torpedo atau samping rumah sakit (RS) Pelamonia. Mereka langsung menyerang pengunjuk rasa.

Massa penyerang disebut saksi mata membawa batu. Akibatnya, pengunjuk rasa langsung lari dan menyelamatkan diri dari kelompok penyerang.

“Kelompok orang tidak datang dari jalan Torpedo, bawa batu, dan berupaya membubarkan aksi,” ujar saksi.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Syuro FPI Sulsel Abu Thoriq menyebut Habib Rizieq Shihab akan melakukan safari dakwah di Kota Makassar. Hal ini menjadi bagian dari agenda Habib Rizieq Shihab berdakwah keliling Indonesia.

“Yang jelas targetnya itu akan keliling Indonesia, sambil membaca suasana kan. Sementara data-data rencana mulai Jawa Barat sampai Jawa Timur sudah disusun sama tema-teman. Itu aja masih dalam kondisi seperti ini sambil membaca suasana. Untuk tahap awal Jawa Barat, Jawa Timur, dan luar Jawa, termasuk Makassar,” kata Abu Thoriq.

Sementara Jubir FPI Sulsel Armand Rachman memastikan, bahwa Habib Rizieq Shihab batal ke Makassar. Alasannya, Habib Rizieq memilih beristirahat terlebih dahulu.

“Bahwa Habib Rizieq saat ini memilih untuk istirahat, jeda sejenak, karena selain cukup lelah akibat melalui perjalanan panjang dan langsung beraktivitas dengan tingkat kepadatan yang cukup tinggi,” kata Armand.

Berikut ini cuplikan Video nya :

https://youtu.be/giXl3Exr18A

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *