Kombinasi Influencer?

Kombinasi Influencer?
Firman Cecak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Firman Cecak

Hajinews – Dengan memahami penyusun kombinasi komitmen brand Anda, tentu akan memudahkan strategi media dan aktivitas pemasaran apa yang perlu dilakukan. Ingat, ini adalah kombinasi bukan dominansi murni. Artinya, tiap influencer, mulai dari inner influence, outer influence, dan other influence, semuanya memiliki porsi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Walaupun brand Anda banyak dipengaruhi oleh rekomendasi dan opini, tetap saja Anda perlu melakukan aktivitas pemasaran lainnya.

Pengaruh “Other” yang Terlalu Kuat Tidak bisa dimungkiri hampir semua industri saat ini dipengaruhi oleh opini, rekomendasi, ulasan, dan masukan dari “orang” lain.

Bukan lagi di-“setir” pemilik brand seorang. Walaupun influence dari aktivitas marketing dari company masih ada, tetapi pengaruh “other” semakin lama, semakin besar, semakin dipercaya, semakin dijadikan acuan bagi customer dalam menentukan proses pembelian. Tentu masih ada kategori-kategori produk yang masih didominasi oleh inner dan outer infiuence yang kita ceritakan di tulisan awal, tetapi boleh dikatakan kategori tersebut sebagai perkecualian. Sebagian besar produk habitual memang masih mengandalkan inner influence dan produk mewah memang masih didominasi outer influence

Kita tidak akan membahas lebih dalam bagaimana “bermain” di industri yang didominasi inner dan outer influence Anda pasti lebih tahu. Anda masih memiliki kemampuan untuk mengontrol. Namun, jika ternyata brand Anda sangat bergantung pada pengaruh “other, ini yang sulit. Karena customer yang berkuasa menentukan persepsi pasar terhadap brand. Persepsi sangat mudah berubah, begitu juga keputusan pembelian. Hari ini, customer bisa bilang produk Anda terbaik di dunia, tapi di hari lain mereka bisa saja kecewa setengah mati. Dan, ini menyebar. Bahkan, bukan lagi dalam hitungan hari, tetapi dalam hitungan detik.

Jika Anda sudah berhasil mengidentifikasi bahwa brand Anda termasuk yang sangat dipengaruhi “other influence, ada beberapa implikasi yang perlu Anda ketahui, beberapa terlihat menguntungkan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *