Merapi Erupsi, Warga Sleman Berlarian Hindari Awan Panas

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Warga Dusun Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul, Kelurahan Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, berlarian keluar rumah saat melihat awan panas yang cukup besar akibat erupsi Gunung Merapi. Warga panik saat melihat awan panas sekitar pukul 13.35 WIB pada hari ini, Rabu (27/1).

“Sejumlah warga Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul sempat merasa kaget dan berlari keluar rumah saat terjadi awan panas cukup besar dari Merapi pada siang tadi. Namun, tidak terlalu lama, dan saat ini mereka sudah kembali ke rumah masing-masing,” kata Camat (Panewu) Cangkringan Suparmono mengutip Antara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Suparmono mengatakan warga memang sempat berlarian karena panik. Akan tetapi, situasi di Kalitengah Lor maupun Kalitengah Kidul masih relatif aman.

“Tidak ada evakuasi warga lereng Merapi. Mereka tidak diungsikan ke barak. Saat ini sudah pulang ke rumah masing-masing,” ucap Suparmono.

Dia mengatakan saat ini bersama jajaran TNI dan Polri serta Tagana dan sejumlah kelompok relawan masih terus melakukan pemantauan setiap perkembangan aktivitas Merapi.

Sebelumnya BPPTKG Yogyakarta merilis bahwa Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, mengeluarkan awan panas guguran sebanyak 14 kali. Jarak luncur maksimum sejauh 1.500 meter ke arah barat daya atau hulu Kali Krasak dan Boyong.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *