Muhammadiyah : 3 Kriteria Guru NonMuslim Mengajar di Madrasah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Beberapa hari terakhir, dunia pendidikan dihebohkan dengan adanya guru non-muslim yang mengajar di madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja. 

Menanggapi masalah ini, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad mengatakan pengangkatan guru non-muslim di madrasah tidak masalah sepanjang memenuhi tiga unsur:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. pertama tempat, 

2. kedua kedaruratan, 

3. ketiga tidak mengajar pelajaran agama Islam.

Dijelaskan Dadang, jika di suatu daerah umat muslimnya minoritas dan tidak ada tenaga pengajar muslim lainnya, maka tidak apa-apa menempatkan guru yang berbeda agama di madrasah Islam dengan catatan tidak mengajar pelajaran agama.

Sebaliknya, jika suatu daerah itu merupakan daerah dengan penganut Islam mayoritas, maka pengangkatan tersebut hendaknya dipertimbangkan kembali.

“Logikanya muslim mayoritas 80 persen lebih, kenapa mesti memakai guru beragama lain kalau masih banyak yang beragama Islam. Kecuali di daerah minoritas muslim yang gurunya terbatas,” jawabnya dilansir Muhammadiyah.or.id, Senin (1/2).

Dikutip secara terpisah, Eti Kurniawati guru non-muslim yang akan mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja menyatakan akan menyesuaikan dengan budaya tempatnya mengajar dengan memakai pakaian lengan dan rok panjang.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *