Haji 2021, Kemenag Siapkan Skema Kuota 100 Persen dan 50 Persen

haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pemerintah Arab Saudi hingga kini masih menutup akses kedatangan dari puluhan negara, termasuk Indonesia.

Meski demikian, Kementerian Agama (Kemenag) mulai membahas rancangan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2021/1442 hijriah.Pembahasan perlu dilakukan karena Kemenag harus mempersiapkan segala kemungkinan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Oman Fathurahman menjelaskan, rancangan BPIH sebagai persiapan jika nantinya pemerintah Arab Saudi membuka kembali penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Kemenag sudah mulai membahas rancangan BPIH, untuk skema haji dengan kuota 100 persen dan kuota 50 persen,” ujarnya, Kamis (11/2/2021).

Sementara, Ketua DPR RI Puan Maharani saat memberikan pidato penutup masa sidang III DPR, Rabu kemarin, menyatakan DPR besama komisi terkait, akan membahas biaya penyelenggaraan Haji bersama Kementerian Agama dan jajaran pemerintah lainnya. Puan juga meminta pemerintah menyiapkan berbagai kemungkinan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Pemerintah agar tetap mempersiapkan segala kemungkinan jika penyelenggaraan haji tetap dilaksanakan,” ujar Puan.

Sebelumnya, Pada akhir tahun 2020 lalu, kondisi pandemi Covid-19 di Arab Saudi telah menunjukkan kurva yang melandai. Arab Saudi pun kembali membuka akses ibadah umroh. Namun, awal Februari kemarin, kasus positif Covid-19 di Arab Saudi kembali melonjak dan Arab Saudi kembali menutup akses bagi 20 negara termasuk Indonesia.

“Meski belum ada keputusan dari Saudi, tapi kami harus siap dengan segala kemungkinan,” ujar Oman, saat dihubungi kompas pada Kamis (11/2/2021).

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *