Jusuf Kalla Sebut Nahdlatul Ulama Milik Para Kiai NU

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyebut Nahdlatul Ulama adalah ormas besar yang tidak hanya dimiliki satu dua orang. JK menyebut NU milik banyak para kiai.

“Kalau NU milik para kiai orang NU. Jadi saya sering minta maaf saya katakan, kalau NU itu kaya franchise, McDonald’s, semua itu Mcdonal itu adalah yang punya beda-beda,” ujar Jusuf Kalla dalam diskusi menjelang satu abad NU di kantor DPP PKB, Kamis (2/12).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Waralaba yang dimaksud JK adalah bagaimana NU mengelola pesantren-pesantren yang dikelola oleh para kiai-kiai Nahdlatul Ulama. Ribuan pesantren yang ada di Indonesia banyak dimiliki oleh kiai NU.

Berbeda dengan Muhammadiyah, kata JK, yang memiliki sistem seperti sebuah perusahaan. Dalam mengelola rumah sakit atau pendidikan.

“Berbeda dengan Muhammadiyah, kalau Muhammadiyah rumah sakit, sekolah itu milik Muhammadiyah, arsip Muhammadiyah,” ujar JK.

“Kalau Muhammadiyah murni company, dari atas sampe ke bawah dia punya,” kata politikus senior Golkar ini.

Namun, JK menuturkan NU dan Muhammadiyah sama-sama hebat. Meski memiliki sistem yang berbeda dalam rangka mengelola unit pendidikannya. Sistem waralaba yang diterapkan McDonald’s memiliki sistem terbaik teruji. Seperti waralaba pesantren ala NU.

“Tapi dua-duanya hebat, bayangkan hebatnya McDonald’s, pemiliknya berbeda-beda tapi mereka punya sistem yang dikoordinir, kepemilikannya nomor dua, tapi sistemnya yang terbaik dan teruji. Karena bagaimana kita mempunyai punya aset menjadi entrepreneurship. Bagaimana pesantren itu dididik, saya bilang orang-orang NU itu entrepreneurshipnya itu tinggi. Karena bisa dirikan pesantren ribuan tanpa campur tangan,” jelas JK.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *