Telak! Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Banyak Masalah, Anggota Komisi V: Kerjanya Jangan Asal

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi menyoroti banyaknya masalah pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Anggota Fraksi Partai Golkar itu mengatakan, sudah banyak masalah yang timbul sejak 2016 pengerjaan proyek tersebut dimulai.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sebelumnya biaya yang membengkak dan jadwal mulur, banjir di KM 130 di jalan tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). Ada juga kasus besi yang dicuri, enam tiang yang dibongkar dan tiang ambruk menimpa eskavator,” kata Fauzi, Jumat (17/12/2021).

Banyaknya masalah pada proyek nasional tersebut dinilai perlu segera evaluasi menyeluruh. Anggota komisi yang membidangi infrastruktur dan perhubungan itu mengatakan, kualitas dan penerapan SOP pengerjaan harus diutamakan.

“Jangan hanya karena ingin cepat selesai sehingga mengabaikan kualitas dan SOP. Ini harus dievaluasi, sebab jangan sampai kerjanya asal,” tandasnya.

Apalagi, proyek tersebut akan digunakan sebagai sarana transportasi umum yang akan dimanfaatkan jutaan orang. Tentu, kualitas pembangunan harus menjadi perhatian serius.

“Ini yang dibangun alat transportasi massal. Kalau pembangunan awal saja sudah banyak masalah begini kita perlu mempertanyakan komitmen kontraktornya. Jangan masyarakat nanti yang terkena imbas,” terangnya.

Proyek kereta cepat Jakarta Bandung diketahui membutuhkan anggaran hingga Rp114 triliun dan menggandeng China. Proyek ini dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *