Pengurus Daerah IPHI Dompu NTB Dilantik

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dompu-NTB,- Ketua Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Nusa Tenggara Barat HM. Sukiman Azmy mengukuhkan dengan resmi PD IPHI Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, masa bhakti 2020-2025.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pandopo Bupati Dompu, pada 18 Jumadil Ula 1443 H, bertepatan dengan 18 Desember 2021.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam sambutannya Sukiman Azmy mengatakan bahwa berdirinya Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia merupakan keinginan para haji untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa, untuk meningkatkan ketakwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya.

Pelantikan PD IPHI Kabupaten Dompu

HM. Sukiman Azmy yang juga sebagai Bupati Lombok Timur ini menyampaikan tidak banyak orang yang punya waktu dan bersedia menjadi pengurus organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ini, meskipun ada yang menilai organisasi ini adalah organisasi yang istimewa, karena persyaratan untuk menjadi angota IPHI ini adalah orang yang telah melaksanakan ibadah Haji.

Sampai saat ini dalam AD/ART IPHI belum diperkenankan untuk menjadi anggota dalam hal ini anggota IPHI, walau sudah melaksanakan Umrah sepuluh kali. Sebagai organisasi kebajikan, IPHI berkomitmen terhadap upaya meningkatkan keperdulian kepada usaha kesejahteraan masyarakat, seperti Koperasi Haji/KOPERHAJI, Klinik IPHI, MTP IPHI (Majelis Taklim Perempuan), AMHI (Angkatan Muda Haji Indonesia)

HM. Sukiman Azmy lebih lanjut menyampaikan berbanggalah menjadi pengurus IPHI Dompu, untuk itu beliau mengatakan dengan kemampuan yang dimiliki mari berbakti melalui organisasi ini, melaksanakan perbaikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di daerah ini agar kehidupan menjadi bermakna, organisasi ini adalah organisasi yang luar biasa, yaitu oraganisasi yang diikat dengan iman, yang diikat dengan semangat, kemabruran dan kita tidak memiliki alasan untuk tidak melaksanakan visi dan misi IPHI, yaitu untuk memperoleh haji yang mabrur. Mempertahankan memabruran haji itu sangatlah sulit, pemeliharaan dan pelestarian terhadap nilai-nilai kemabruran haji secara terus menerus dan berkelanjutan sangatlah penting dalam upaya membentuk pribadi-pribadi muslim yang tangguh, mempunyai integritas dan komitmen yang tinggi untuk menjaga moralitas bangsa.

Lebih lanjut, HM Sukiman menyampaikan pengukuhan PD IPHI Kabupaten Dompu ini tertunda karena kita menghadapi covid 19, walau dibalik masa-masa sulit tersebut kita mendapatkan hikmah besar, pandemi ini memuat kita menjadi masyarakat modern, beliau memberikan contoh sebagai Bupati Lombok Timur saat jarang mengumpulkan para camat dan kepala desa, namun cukup dengan pengumuman akan ketemu pada hari ini, pukul sekian dengan zoom dan nomor ID zoom meeting, maka seluruhnya bisa bertemu.

Namun demikian kita sadari untuk mengatasi covid ini hanya dengan dua cara yakni dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi. Tapi, kata beliau agar kita tidak terjangkit dari pandemi ini maka pola hidup yang harus diperbaiki, seperti pola hidup kita, pola makan dan pola pergulan, itulah esensi dari ajaran agama kita yakni hidup yang baik dan hidup yang bermakna, demikian beliau menambahkan.

Pelaksanaan pengukuhan PD IPHI Kabupaten Dompu masa bhakti 2020-2025 ini dihadiri oleh dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MT dan ketua Tim Penggerak PKK Kab Dompu Hj. Lilis Suryani Kader Jaelani serta para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Dompu, dan Sekretaris Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraaan Haji Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya kepada ketua PD IPHI Kabupaten Dompu yang baru saja dikukuhkan yang dinakhodai oleh Drs. H. Gaziamansuri, M. Ap meminta untuk segera melakukan konsolidasi baik ke tingkat kecamatan maupun tingkat Lurah dan Desa, termasuk ketersediaan Gedung Sekretariat yang memadai sehingga segala program kegiatan bisa berjalan dengan baik. Juga melakukan koordinasi dengan Ormas-Ormas Islam, baik NU, Muhamadiyah maupun NW. Jangan jauh-jauh dari Pemda, demikian beliau mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya pada saat menyampaikan sambutan wakil Bupati Dompu menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi yang luar biasa atas pengukuhan PD IPHI Kab. Dompu ini, dengan harapan dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan AD/ART IPHI sehingga mampu menjadikan Dompu yang MASHUR yakni Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius. Maka tugas mereligiuskan masyarakat Dompu dibebankan kepada IPHI, masih banyak yang harus dibenahi, diperbaiki terutama yang berkaitan dengan lingkungan, karena Allah menitipkan bumi dengan segala isinya ini untuk di jaga dan dirawat kelestariannya. Beliau berharap pengurus IPHI agar dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada masyarakat melalui bahasa agama yaitu tentang betapa pentingnya menjaga dan memelihara hutan yang ada (ida)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *