Waspada! 5 Tempat Ini Paling Rawan Tertular Covid-19

Ilustrasi - Pusat perbelanjaan Centro Solo Paragon Mall, Jl. Yosodipuro No.133, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta. Ketum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Aplhonzus Widjaja, keluhkan aturan mal selama PPKM Darurat, Jumat (2/7/2021).
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id — Meski saat ini sudah memasuki momen libur tahun baru, penularan Covid-19 tak mengenal hari libur. Oleh karena itu, penting untuk tetap bersikap waspada agar tak tertular Covid-19, khususnya saat menyambangi tempat-tempat paling berisiko untuk memicu penularan.

Selama pandemi ini, Dr Sanjay Gupta menilai ada lima tempat umum yang patut diwaspadai. Alasannya, penularan Covid-19 sering kali terjadi di kelima tempat tersebut.

“Benar-benar di lima lokasi utama inilah transmisi virus terjadi di masyarakat kita,” ungkap Dr Gupta, seperti dilansir EatThis, Kamis (30/12).

Hotel

Menginap di hotel menjadi salah satu kegiatan yang cukup umum dilakukan di libur tahun baru. Hanya saja, hotel dinilai memiliki risiko lebih tinggi sebagai tempat terjadinya penularan Covid-19, khususnya di area umum di mana para tamu berkumoul seperti area tempat sarapan. Berdiam diri di rumah masih menjadi cara terbaik untuk melindungi diri dari penularan Covid-19 menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Bar

Saat merayakan pergantian tahun, bat merupakan salah satu destinasi populer yang dikunjungi banyak orang. Akan tetapi, di tempat seperti ini pula biasanya penggunaan masker dan jaga jarak fisik terabaikan. Hal ini membuat risiko penularan Covid-19 menjadi lebih tinggi.

Kafe

Berdasarkan model pemetaan terbaru yang memanfaatkan data ponsel, kafe diketahui sebagai slaah satu lokasi yang paling sering memicu penularan Covid-19 di Amerika Serikat. Peningkatan risiko semakin signifikan bila kafe beroperasi dengan kapasitas penuh.

Restoran

Sama seperti kafe, restoran juga menjadi tempat berisiko tinggi untuk terjadinya penularan. Pengunjung tentu akan membuka masker ketika bersantap, dan sering kali tetap membiarkan area wajah tak ditutupi masker saat mengobrol sambil bersantap. Dr Anthony Fauci lebih merekomendasikan untuk membawa pulang makanan dan mengonsumsinya di rumah atau memesan makanan dari restoran melalui jasa antar makanan.

Rumah Ibadah

Bagi banyak pemeluk agama, rumah ibadah merupakan tempat yang rutin untuk dikunjungi. Tentu tak masalah bila tetap ingin berkunjung ke rumah ibadah di masa pandemi selama tak ada restriksi yang sedang diberlakukan. Namun perlu diketahui pula bahwa rumah ibadah merupakan salah satu hotspot penularan Covid-1o. Oleh karena itu, para pemeluk agama diharapkan lebih tertib dalam menjalani protokol kesehatan selama di rumah ibadah.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *