Gelar Puncak Harlah NU di Bangkalan, Gus Yahya Serius Kembalikan Posisi NU di Tengah Umat

Foto ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Menuju satu abad Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar acara puncak hari lahir (Harlah) ke 99 NU di Bangkalan, Jawa Timur. Selain itu, para petinggi PBNU juga adakan ziarah ke para pendiri NU.

Agenda PBNU itu diapresiasi oleh kader muda NU Ubaidillah Amin Moch. Sebagai kader NU, Ubaid menilai apa yang dilakukan oleh jajaran PBNU bermuatan sakral dan ingin menyerap spirit perjuangan para pendiri NU.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kata Pengasuh Ponpes Annuriyah, Kaliwining, Jember, Jawa Timur ini, Bangkalan merupakan tonggak pertama kelahiran NU.

“Saat ulama Nusantara termasuk Hadratussyeikh KH M Hasyim Asy’ari berkumpul di Bangkalan meminta restu dan dukungan spiritual kepada Syaikhuna Muhammad Kholil sebelum mendirikan NU,” demikian kata pria yang karib disapa Gus Ubaid ini kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu malam (16/2).

Dalam pandangan Gus Ubaid, yang dilakukan PBNU di bawah kepemimpinan KH Yahya Cholil Staquf yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) ini tidak hanya bermakna merefleksikan ruh perjuangan awal pendirian NU.

Ia meyakini, kepengurusan PBNU saat ini ingin mendapatkan berkah dari para pendiri NU termasuk Syaikhuna KH Cholil Bangkalan.

“Termasuk Syaikhona Kholil ditengah gelombang dinamika sosial yang terjadi saat ini, termasuk pandemi covid yang belum kunjung sirna di negeri ini,” demikian kata Gus Ubadi.

Selain itu, Gus Ubaid berpendapat, digelarnya puncak Harlah NU di Bangkalan, merupakan bukti bahwa kepengurusan PBNU saat ini serius mengembalikan NU pada nilai gerakannya sesuai yang dimandatkan oleh para pendiri.

“Kepemimpinan Gus Yahya sepertinya serius kembalikan posisi NU ke manhaj Fikrah-nya di tengah-tengah umat sebagaimana akar kelahirannya,” pungkas Ubaid.

Sebelum acara puncak besok, Rabu malam ini, jajaran PBNU dan PWNU se Indonesia juga mengadakan silaturahim di rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *