Dalam Persiapan Lebaran 2022, Kemenkes Siagakan 340 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Foto ilustrasi: Antara Foto/Budi Candra Setya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id — Sebanyak 85 juta warga diperkirakan akan mudik di momen Lebaran 2022 setelah pemerintah tidak lagi memberlakukan pengetatan. Untuk menghadapinya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan menyiagakan 340 pos kesehatan di jalur mudik.

Juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pos akan ditempatkan di berbagai rest area di jalan tol, pintu exit tol, jalur tol, jalur jalan raya non tol dan beberapa lokasi wisata. Pos juga dilengkapi dengan ambulans untuk membantu pemudik yang mungkin membutuhkan bantuan medis darurat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Adanya pos kesehatan ini diharapkan bisa meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya mudik sehat, aman dan nyaman,” kata Nadia seperti dikutip dari laman Sehat Negeriku, Jumat (22/4/2022).

Nadia mengimbau agar warga segera melengkapi vaksinasi COVID-19 sebelum mudik. Mereka yang sudah mendapat vaksin booster bisa lebih bebas dari syarat mudik karena tidak lagi harus melengkapi hasil tes negatif antigen.

Sementara bagi pemudik yang belum booster atau mendapat vaksin COVID-19 lengkap perlu menyertai hasil tes negatif antigen dan atau PCR.

“Lewat vaksinasi kita bisa mencegah risiko terinfeksi COVID-19 maupun dirawat dengan gejala berat ataupun risiko kematian akibat COVID-19. Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 lengkap dua dosis yang dilanjutkan dengan booster,” ungkap Nadia.

“Lewat vaksinasi kita bisa mencegah risiko terinfeksi COVID-19 maupun dirawat dengan gejala berat ataupun risiko kematian akibat COVID-19. Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 lengkap dua dosis yang dilanjutkan dengan booster,” ungkap Nadia.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *