Tetap Lakukan Ini meski Ramadan Telah Berlalu

Tetap Lakukan Ini meski Ramadan Telah Berlalu
Tetap Lakukan Ini meski Ramadan Telah Berlalu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Berbuat baik kepada siapapun adalah keharusan, bukan hanya kepada sesama Muslim. Keberagaman kebaikan terus menjadi prioritas dalam kehidupan manusia.

Demikian pesan Khatib Shalat Idul Fitri Prof Hairus Salikin MEd di hadapan 1300 jamaah yang hadir di Lapangan Stadion Universitas Muhammadiyah Jember, Senin (2/5/22).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia menyampaikan beberapa hal mendasar yang wajib manusia lakukan pasca Ramadan. Yaitu menebar kasih sayang pada setiap insan terutama keluarga, orangtua, dan tetangga.

“Apabila keluarga dan tetangga tidak nyaman artinya ada yang salah dengan keberagamaan kita,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, fakir miskin di sekitar kita menjadi bagian selanjutnya yang perlu diperhatikan. “Karena tidak sempurna iman seseorang apabila kita tidak peduli dengan sekitar,” imbuh Prof Hairus Salikin.

Paham Peran Keluarga

Di penutup khutbahnya, dia berpesan untuk mempererat silaturahmi dalam keluarga. “Kewajiban anggota keluarga untuk mengetahui fungsinya masing-masing,” tuturnya.

Misal, seorang istri, perlu paham tiga syarat fungsinya. Yaitu menyenangkan dilihat suami, taat kepada suami, dan menjaga kehormatan keluarganya. Begitu juga dengan suami harus menjadi panutan keluarganya.

“Keluarga kita akan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah dengan menghormati dan berbakti kepada kedua orangtua,” tegasnya.

Sebab, Prof Hairus Salikin menerangkan, kedua orangtua mendapat posisi yang mulia di dalam al-Quran. Yaitu pada an-Nisa ayat 36, Lukman ayat 14-15, dan al-Isra ayat 23-24. “Maka tidak ada celah untuk menyakiti kedua orangtua,” tambahnya.

Program Ramadan UM Jember

Dalam momentum itu, yang menjadi imam adalah Ustadz Atok Susyanto, Al-Haafidz. Turut hadir di sana Rektor Universitas Muhammadiyah Jember Dr Hanafi MPd beserta segenap rektorat, dosen, maupun warga sekitar.

Di lain sisi, Universitas Muhammadiyah Jember telah berhasil menyemarakkan bulan suci Ramadan dengan berbagai aktifitas. Antara lain, kajian Ahad Subuh, berbuka bersama, Halaqah Ramadan, Qiyamul Lail, dan pembagian sembako kepada tenaga kesehatan juga fakir miskin di sekitar. (*)

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *