Jemaah Haji Masih Dilarang Cium Hajar Aswad, Kemenag: Jangan Paksakan Diri

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Mekkah, Hajinews.id – Larangan mencium Hajar Aswad kemungkinan masih tetap diberlakukan pada musim haji 2022. Untuk itu, jemaah Indonesia diimbau untuk tidak memaksakan diri mendekat atau bahkan mencium batu surga tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Mencium atau menyentuh Hajar Aswad itu sunnah, jadi jangan sampai dipaksakan,” ujar Kepala Seksi Petugas dan Keamanan Jamaah Daker Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Maskat, Kamis (2/6/2022).

Pantauan jurnalis MNC Portal Indonesia (MPI) yang tergabung dalam Media Center Haji, tampak pengamanan di sekeliling Kakbah Masjidilharam masih terlihat ketat, termasuk di titik Hajar Aswad. Sejumlah Askar atau tentara penjaga pun 24 jam penuh menjaga salah satu sudut Kakbah ini agar tidak tersentuh jamaah.

Tak hanya di titik Hajar Aswad, seluruh bagian Kakbah juga tak bisa dipegang para jamaah karena diberi pembatas berikut para Askar yang siaga berjaga. Demikian juga di Hijr Ismail, situasinya tak berbeda. Semuanya tertutup.

Pembatasan akses ini sebenarnya telah berlaku cukup lama, tepatnya kala pandemi Covid-19 melanda Saudi awal 2020 lalu. Hingga saat ini, pembatasan itu tetap diberlakukan sebagai strategi Saudi mencegah penularan virus Corona.

Sejumlah jamaah yang menjalankan tawaf pun tampak memahami kebijakan Saudi ini. Mereka tidak berani merangsek demi bisa mencium Hajar Aswad atau batu hitam itu.

Sebagian lain hanya berupaya mendekat untuk sekadar melihat lebih jelas. Beberapa jamaah yang dinilai terlalu lama berada di dekat Hajar Aswad kemudian diminta oleh askar untuk jalan.

Tahun ini, Saudi untuk pertama kalinya membuka pelaksanaan haji dengan kuota jamaah cukup banyak, yakni 1 juta orang dari kondisi normal sebanyak 3 juta orang.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *